Macau & Hong Kong Trip 2009 – Part 2

Day 3 – 22.11.2009

Jam 5.30 udah bangun karna kebelet. Pas pipis kok sakit yah. Waduuh.. Jangan sampe kena ISK (infeksi saluran kencing) niih…

Gua udah 2 kali kena ISK, jadi gua udah tau tanda2nya. Dan gua juga tau kalo gua gak boleh tahan pipis, pasti deh jadinya ISK.
Waktu di Macau gua 2 kali tahan pipis. Pertama waktu di ST. Paul. Pikir tanggung-tanggung eh jadi ketahan deh pipisnya. Pas udah sampe toilet antri pula. Ohya, toilet di Macau – HK tuh gak terlalu bagus loh. Jadi lebih aman pipis di hotel. Selama disono gua jadi takut minum, karna gua yang biasanya jarang pipis, di sana malah pipis melulu. Minum segelas gak lama mau pipis. Ampun dah… Mana toiletnya udah gak bagus, susah dicari pula, hiks…
trus yang kedua kali pas lagi di imigrasi HK. Pas baru turun dari ferry tiba2 kebelet pipis. Tapi pan kudu tunggu sampe lewat imigrasi yah. Keluar dari imigrasi taunya gak ada toilet. Keluar dari ferry terminal langsung mall. Cari-cari toilet kok gak ada, taunya deket pintu ferry terminal ada toilet buat penyandang cacat, ya udah dipake aja deh. Lagian setelah gua ada 3 cowok normal yang antri juga. Jadi itu toilet dipake bareng2 cewek cowok deh. Duh, biar kata di mall, toiletnya mah tetep aja jorok yah….

Sejak jam 5.30 itu gua duduk di toilet terus karna perut bagian bawah sakiiittt. Tiap pipis keluarnya netes2 doang dan sakiittt. Gua paling ke kamar untuk minum air hangat banyak2, trus balik nongkrong di toilet lagi sambil terus berdoa mohon Tuhan keluarkan penyakit dari saluran kencing gua. Kira-kira setengah jam kemudian, masih duduk di toilet, badan gua bergidik. Dan Tuhan menjawab doa gua, sakitnya berkurang. Puji Tuhan… Tuhan Mahakuasa yaah….

Jam 6.30 gua udah bisa keluar hotel, jalan-jalan pagi sendirian karna Yudi dan Felice masih ngiler di  bantal hehehe….
Trus lewat McDonalds mampir bentar beli breakfast buat bertiga. Isinya scramble egg, burger bun, hash brown, dan 1 daging burger. Harganya murah. Kalo gak salah sih gak sampe HKD 20 yah…

Abis breakfast, beres-beres, check out, dan titipin koper ke concierge,  lalu kita pun jalan ke MTR Tin Hau. Tujuannya adalah Central. Hasil browsing2 di daerah Central ada dimsum enak bangeds.
Pas sampe Central dan lagi cari-cari resto dimsum itu, keliatan ada penunjuk arah ke The Peak. Akhirnya putar haluan deh. Gak jadi nge-dimsum, tapi langsung naek ke The Peak.

Jalanannya menanjak dengan nikmatnya. Ditambah dengan mendorong stroller berisi anak 13 kg lebih makin menambah kenikmatannya hahaha….
Abis tanjakan maut ini ada St. John’s Cathedral. Kita duduk dulu disitu deh sambil tarik napas dan buka bekel. Abis itu lanjut jalan lagi. Dari St. John udah gak jauh lagi deh sampe ke The Peak Tram.

Sampe loketnya The Peak Tram, kita langsung ke loket tiket combo, The Peak Tram + Madame Tussauds. Harganya HKD 175/adult. Felice karna masih di bawah 3 tahun gratis. Enaknya bawa anak di bawah 3 tahun yah begini ini. Tiket masuk gratis, transportasi gratis juga hehehe…..
Kalo loket tiket combo ini gak antri, tp kalo loket tiket tram doang mah antrinyaaa……
Abis beli tiket langsung antri tram. Sekitar 10 menit sampe deh giliran kita naek.
Jalanannya menanjak, miring abiizzz…  Hebat juga yah tram ini.
Gak lama sampe juga di The Peak. DI The Peak ini kita bisa menikmati pemandangan Hong Kong Island dan Kowloon dari atas.

Kegiatan di The Peak selain makan yah foto-foto, shopping, dan mengunjungi Madame Tussauds.

Keluar dari Madame Tussauds gua mau pipis. Trus ikutin penunjuk arah toilet. Tuanya yang namanya toilet itu adanya di lantai dasar dan teruuuss  ke arah exit, lewatin gang yang sempit, baru deh sampe toilet. Toiletnya pun kecil, antrinya aja musti di luar sempit2an ama jalanan orang lewat. Mana jorok dan bau pula. Ampun deh yah. Segitu modernnya Hong Kong tapi yang namanya toilet mah gak terlalu dipikirin kali yeee…
Even di mall pun biasanya toiletnya gak bagus dan gak di setiap lantai ada. Malah toilet cewek dan cowok tuh bisa beda 2 lantai. Beda banget ama mall di Jakarta yang toiletnya banyak, ada di tiap lantai, dan bagus2.

Udah puas maen di The Peak, kita balik ke Empire untuk ambil koper. Dari Empire kita pindah ke Panda Hotel di Tsuen Wan. Rada jauh sih yah.
Empire berada di Hong KOng Island, sedangkan Panda Hotel berada di New Teritories. Dari hotel ke TST sekitar 20 menit.
Kita naek taxi dari Empire Causeway Bay ke Panda Hotel sekitar HKD 180. Gak terlalu mahal lah yah secara jaraknya jauh loh dan nyebrang selat pula via tunnel.

Abis check in langsung deh naek ke atas, ngaso sebentar sebelum jalan lagi.Kamarnya ok juga. Sayangnya ktia dapet twin bed dan gak bisa disatuin karna di tengahnya ada meja beserta kabel2. Kita minta kamar di non smoking floor dan kebetulan double bed di lantai ini full, sisanya twin bed ajah. Ya sudah deh, diterima sajalah daripada dapet kamar di smoking floor yah.
Kamar mandinya bersih. Asiknya nih yah, di kamar disediakan microwave dan peralatan makan seperti mangkok, piring, sendok, dan sumpit.
Harga yang kita dapet sekitar Rp 560 ribu per malam. Cukup murah untuk ukuran hotel di Hong Kong yah, makanya gak heran kalo occupancy rate-nya tinggi. Lobby-nya rame melulu.
Lobby hotel adanya di lantai 3, di bawahnya pertokoan, namanya Panda Place. Seru juga looh…

Tujuan berikutnya adalah Avenue of Stars dan nonton A Symphony of Lights di Tsim Tsa Shui.
Sempet dinner dulu di daerah sekitar hotel yang enak, murah, dan banyak.
Tadinya mau naek shuttle bus gratis dari hotel ke TST, tp sayang  telat. Jadwal berikutnya jam 9 malem. Jeee… kemaleman atuh yah….

Trus kita naek MTR deh. Dari lobby hotel di lantai 3 ada jembatan yang menghubungkan dengan MTR Tai Wo Hau. Jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampe ke MTR station. Perginya sih gak berasa yah karnamasih seger, tpai pulangnyaaa… malem2, kaki udah mau patah, musti naek jembatan sambil dorong stroller dan belanjaan. Hmm… Olahraga yang cukup menguras keringat hahaha…..

Sampe Avenue of Stars pas banget jam 8 malem, jam dimulainya A Symphony of Lights. A Symphony of Lights ini pertunjukan lampu gedung-gedung yang berada di Hong Kong Island dan sinar laser. Jadi kita nontonnya dari seberangnya, sisi Kowloon. Waktu gue ke HK tahun 2001 belum ada nih pertunjukkan ini. Avenue of Stars juga belum ada. Jadi kalo ke TST yah cuman nonton lampu2 sambil duduk2 aja.

Pas acaranya di mulai, aku kecewaaaaa…. Ternyata cuman begitu doang, gak seheboh yang dipromosikan. Iiih… udah bela2in kesana, buru-buru karna takut ketinggalan show, taunyaaa… Hmmm… Memang pinter promosi yah…

Abis itu kita foto-foto doong… Yang satu ini mah gak boleh ketinggalan. Abis itu lanjut shopping ke Sogo TST. Kebetulan lagi ultah Sogo jadi barang-barang tuh pada dibanting deh harganya. Kita disitu sampe jam 11an. Abis itu baru deh balik ke hotel dengan kaki mau patah plus musti naek jembatan sambil dorong stroller. Mana jembatannya tinggi banget lagi hahaha….

==> berlanjut ke part 3

26 thoughts on “Macau & Hong Kong Trip 2009 – Part 2

    • mungkin baru gejela kali yah, man… jadi pas gua minumin air hangat dan doa, eeh… sembuh hehehe….
      iya, pengen pipis tapi gak bisa plus sakit pula yah… tersiksa banget deh…

  1. Emang keliwatan ya toilet2 di HK. Beda bnr ama Sin.. Even kadang mrk tutup pula buat khusus pegawai/customer, misalnya kalo mkn, then baru bs ambil kunci kan? Halahhh..

    Untung bukan ISK ya.. Gw jg mending tahan pee deh drpd jorok. Alamakkk..

    • iyaaa… bener banget, fen…
      udah gitu yang namanya toilet bener2 gak diperhatiin yah, di belakaaang.. kalo resto toilet karyawannya tuh di samping gang gitu, kadang di guadang, ampun dah….
      guajuga mending nahan, tpai daripada kena ISK jorok juga gua jabanin dah hahaha….

  2. gw juga dulu nginep di panda, emang lobbynya rame bener..
    apalagi dulu gw kesana pas lagi semi final piala dunia, halah… rame pisan itu yang pada nonton bola di lobby..
    lanjut…

    • iya, banyak rombongan tour juga sih yah. abis murmer sih, han hehehe…
      buat ukuran hk mash segitu udah lumayan murah yah…

  3. Baru dengar tentang ISK. Serem juga yah kalo mo pipis tapi ga bisa…bisa gw bayangkan pasti sakit banget. Untung kali ini bukan yah.

    • iya, sakit banget loh, yen…
      gua sampe kudu ke dokter dan dikasih antibiotik, kalo gak mah gak bakalan sembuh deh… sakiittt…

  4. iya bu.. gw juga gak berani nahan kencing.. kalo toilet resto di HK emang jorok, yang gw inget banget toilet-nya KFC tuh..
    tapi biarpun jorok, gw tetep pipis daripada kena ISK yah…

    gw pernah ke toilet umum yang di jalanan, justru bersih.. apa karena hoki pas dateng pas baru dibersihin? hehee…

    Jauh-jauh ke HK, makannya McD juga hahaha.. tapi banyak menu yang ga ada disini sih ya…

    • gua sempet ke McD dan KFC masing2 sekali buat breakfast. lumayaan hehehe…. deket hotel dan buka 24 jam kan…

      iya, gua tahan2 aja deh gelinya daripada tahan pipisnya hehehe…

  5. dulu waktu gw ke HK sih selalu dikasih tau kalo mau pipis ke toiletnya McD aja, yang paling bersih diantara semua toilet2 umum laennya soalnya 😀

    sekarang asik ya udah banyak tourism site, waktu gw kesana thn 99 mah belom ada apa2 ke the peak malem2 juga cuma liat lampu doang kaga ada apa2 lagi 😀

    nyoba pizza hut disana ga bu? enak lho ada yg ga ada di sini 😀

    • sama ajah, shan… mendingan toilet di mall masih lebih bersihan lah. kalo di mcd mah sama aja, jorok juga. kecil dan bau pesing pula.

      gua gak ke the peak malem2 karn agua udah pernah ngerasain disana malem2. liat lampu2 doang ditemani angin yg dingin bangeds hahaha…
      jadi kali ini siang2 aja biar pemandangannya jelas.

  6. mungkin karna masih deket2 cina, jadi toiletnya jorok.. gua paling ilfil kalo wc jorok secara gua juga sering beser hihihihi…
    foto lu ama bae yong jun mesra amat ver ;P

    • iyaaa… gua juga paling bete kalo wc jorse.
      padahal kalo di jakarta mah gua gak beser loh. ngemall seharian aja paling 1-2 kali daong ke toilet. tapi di sana malah beseeerrrrr…. ampun dah…

      mesra ya? hihihi…. bagai pungguk merindukan bulan, vi wkwkwk….

  7. wah borong habis2an dong di sogo. hehehe…

    iya tuh tram the peak curam bener ya, naiknya masih ok, pas turun mengerikan, duduknya membelakangi gitu, jd gw sering2 balik badan. 🙂 hebat euy yg bikin, bener2 45 degree ya.

    • gak sampe habis2an sih, len.. secara binun bawa pulangnya hehehe….

      iyaa… ngeri boowww… takut tramnya lepas dari kabelnya yah hahaha….

  8. Gw dulu naik tram nya juga ketakutan. Kamso banget deh sampe pegang erat-erat bangkunya haha…

    ISK emang sakit, gw juga pernah. Bener tuh gak boleh ditahan kalo udah pernah kena isk, harus beneran merasa mau pee, yah pee-lah buru-buru. Dulu internist gw bilang, kalo masih di tahap awal emang obatnya cuma minum air putih, minum minum..dia sampe bilang, saya gak mau ketemu kamu lagi kasus gini yah, soalnya kamu udah tau kan kira-kiranya jadi kalo mulai ada sedikit anyang2an langsunglah minum non stop, bakterinya akan kuar sendiri lewat air seni.

    Sukur banget lu cepet disembuhkan yah, kalo udah parah sih bheuuu jangankan peluk bae yong jun, mau bangun aja sakit yah bu haha.

    • iya, gua juga udah tau tanda2nya, ryn… makanya begitu udah sakit2 gitu gua langsung minum air hangat banyak2 biar cepet keluar penyakitnya. Puji Tuhan gak lama sembuh juga, kalo gak mah wadaaauuwww… mana tahann.. masa jalan2 musti ke dokter gara2 isk sih yah hehehe…

      gua udah pernah naek peak tram jadi yg kali ini gak sengeri yg pertama, ryn. waktu pertama mah duuh.. ngeri pisan yah hehehe….

  9. Vera salam kenal yah , untung lo ga napa2 yah .. jgn suka nahan pipis yah . g kalo ke HK biasa jarang minum bnyk2 ntar kalo dah mlm g minum deh tuh air bnyk2 biarin deh mlm musti bolak balik WC kan di Htk bersih .
    g kalo kebelet pipis wkt shopping biasa masuk toilet Htl terdekat .
    krn g dah brp kali kesana jadi apal Htl2 sekitar ha222
    wkt masup lobby udah tau arah toilet dimana jadi PD aja ga takut ditanya satpam hua222
    kalo di tmpat umum ember jorse g jg takut tapi jauh lbh mending dari WC di Cina Ver .
    di SIN kalo yg jorse juga ada sih ! yah namanya org udah ada air tetep aja ga mau nyirem ..he22
    g tunggu yah liputan berikutnya , btw g tetep cinta Macau Ver , udah 3X g kesana & cinta bgt ama senado sq yg pelosok2 nya ! include gerja2 nya .

    • hari hai… salam kenal juga, ven…

      waaah.. kalo udah hapal hotel2 terdekat mah enak dong, ven hehehe…. gampang mau pipis.
      gua terakhir ke hk tahun 2001, jadi udah rada lupa2 juga sih yah… waktu mau ke times square dari sogo causeway bay aja sempet nyasar2 gitu hahaha…

      iyah, macau seru yaah.. kita merasa kurang lama di macau karna belum sempet menjelajah huhuhu…

  10. Dingin jadi sering beser yah, daripada ISK sih mending jorok dijabanin juga yah, gak ada pilihan.
    Ke Peak kayaknya bagusan siang yah, bisa liat semuanya, kalo malam pan lampu2 doang yah.

    Wah kesempatan gua ke HK lagi kayaknya ilang deh thn depan secara gua hamil, boss pasti gak bakalan ngajak gua ikutan utk business trip, udah 2 kali absen krn hamil. Anyway, lebih milih hamil deh, kalo ada duit mah ntar pergi sendiri aja 😀

    • iya, gara2 dingin jadi gak keluar keringet tp beser deh hehehe…

      waah, asik dong kalo suka diajak business trip mahyen , jalan2 gratis…
      tenang aja, rejeki mah gak kemana yah, nanti jalan2nya ber 4 ama si dd hehehe…

  11. Salam kenal,
    Saya dan keluarga akan ke HK dan nginep di Hotel Panda, mau tanya nih :
    1. Ke hotel panda kan naik taxi, ngasih tau ke sopir tuh hotel pake bahasa inggris ato pake tulisan? nyari hotelnya gampang kan?
    2. Gampang cari makanan ga di sekitar hotel?Soalnya ga dpt breakfast ni kita.
    3. Boleh critain ga dikit aja (sory nih) tempat2 yang menarik di sekitar tu hotel?
    4. Dr hotel ke MTR Station terdekat jauh ga ya?kalo jauh ada bus ato kendaraan ke sana??
    Itu aja deh (sory bnyk nanya ni spy ga sesat di jalan) yang mau saya tanyain, smoga dijawab ya, tqu Jbu

    • hai hai….
      dijawab yaaah….

      1. kebetulan waktu dari empire hotel ke panda hotel kita dianter ama bell boy-nya empire ke pangkalan taxi dan dia yg kasih tau supirnya kita mau kemana. kalo gak bisa bahasanya, bawa alamat hotel kemana-mana dan kasih ke supirnya aja. pasti nyampe deh.

      2. gampaaaang… di seberangnya ada kafe yg jual breakfast enak. di bawah panda hotel itu shopping centre dan ada KFC disitu yg jual bfast menu. deket hotel juga ada 24hrs mcd. gak usah kuatir soal bfast. terus ada juga resto2 lokal yg enak2. enak2 dan gak mahal kok.

      3. shopping centre di bawah hotel patut dikunjungi, banyak toko2 menarik disitu dan ada jusco $10 yg barangnya lucu2. kalo tempat rekreasi sih emang gak ada yg deket tp disana public transportation bagus, kemana-mana gampanglah.

      4. lumayan jauh sih. jalan kaki sekitar 10 menit lewat jembatan dari lobby hotel ke mtr station. gak pernah naik kendaraan, selalu jalan kaki. dan kita termasuk cepet kalo jalan loh. kalo orang lain gak tau yah brapa lama hehehe… kebetulan kita kesana bulan november, hawa dingin, jadi jalan kaki gak terasa capek.

      kalo bawa keluarga jangan lupa minta kamar di no smoking floor. sebagian besar smoking floor soalnya.

      have fun!

Leave a Reply

