Semoga….

Judulnya kayak lagu apa gitu yah, gua lupa judulnya, tapi ujungnya tuh semoga…..
Hayooo, ada yang tau gak lagu apa itu? Hihihi…
Gua jelaskan di awal yah kalo ini kuis tak berhadiah *biar urusan hadiah gak panjang jadinya hihihi*

Gua mau sharing tentang beberapa orang yang kalo bertamu ke rumah gua tuh masuk tanpa melepas alas kaki, sebutlah si A dan B.
Yah, bukannya sok bersih ato gimana yah, lah alas kaki yang udah dibawa ke segala penjuru tempat itu kan sudah pasti gak bersih toh yaaa… Dulu waktu belum punya anak sih gua no problem. Tapi sekarang kan udah punya Felice dan Felice itu seriiing banget maen di lantai. Kalo alas kaki dibawa masuk ke dalam rumah otomatis rumah gua terkontaminasi kuman dan teman-temannya yang menempel di alas kaki itu dong yaaa…. Kadang gua gak ngerti, kenapa mereka gak mikirin Felice sih. Kalo datangnya siang sih gua biasanya langsung ngepel begitu mereka pulang, tapi kalo datangnya malem-malem, yah gua juga males ngepelnya kali yaah….
Lagian gua juga gak seekstrem temen gua yang berharap tamu yang datang ke rumahnya selain lepas alas kaki  juga mencuci kaki mereka dengan sabun sebelum masuk ke dalam rumahnya *gubraks!*

Gua sih orangnya gak enak hati-an, jadi kemungkinan gua bilang: tolong alas kakinya dilepas aja yah… itu kecil banget, kecuali kalo gua udah gak bisa nahan sabar lagi ato kalo otak selon gua lagi kumat hehehe….

Sebenernya udah beberapa kali ada kejadian yang pas bagi gua untuk memberitahu secara halus sekali melalui tindakan. Kasih contoh lah istilahnya. Tapi kok yah gak ngerti juga, jadi gua binun nih harus gimana.

Contoh kejadian si A
Seperti biasa begitu masuk rumah langsung aja masuk ke dalam sambil pake alas kaki.
Kebetulan waktu itu Felice udah bisa mencontoh. Felice diajarkan utnuk tidak pake alas kaki di dalam rumah, kecuali sendal khusus buat di dalem rumah.
Waktu kejadian ini di depan sofa gua masih dipasangin karpet, tapi setelah gak punya mbak, gua males bersihin karpetnya jadi gua gulung aja karpetnya hehehe….
Pas mau duduk di sofa karna ada karpet, A membuka alas kakinya dan taro di pinggir karpet. Trus Felice ambil sendal A dan mau di taro di deket lemari sendal di deket pintu masuk. Good job, Felice hehehe….
Buru-buru gua manfaatkan kesempatan yang amat sangat baik ini.

M: Ooo, Felice mau taro sendal A ya?
Gua kasih sendal dalam rumah ke Felice
M: Ini kasih ke A. Ini sendal buat di dalem rumah yaah….
A: Ooo iya, A pake sendal masuk ke dalam yah. Gak usah pake sendal juga gak apa2 kok.

Sippp… Gua pikir ini sentilan yang baik sekali yah. So, after this, A pasti mengerti.

Ternyata besoknya A datang lagi dan tetep masuk dengan alas kaki. Kebetulan sendal rumah ada di deket gua, buru2 gua sodorin itu sendal dan dia pake. Siipp… Gua pikir abis ini pasti lebih mengerti dong yah.

Tapiii… ternyata setelah itu pas A datang lagi dan gua gak keburu ambil sendal rumah, teuteuppp A masuk aja pake alas kakinya. Karna waktu itu karpet udah digulung, jadi yah itu sendal masuk sampe ke seluruh penjuru rumah gua dengan suksesnya. Tape deeeh…

Kejadian si B

Sama dengan kejadian A, gua pernah juga nyodorin sendal rumah beberapa kali begitu B masu masuk ke dalam rumah gua. Harapannya yah dia mengerti kalo gua gak seneng kalo dia masuk ke dalam rumah gua pake alas kaki. Dan seperti kejadian si A, hal ini sama sekali tidak menyentuh perasaan B. Kasian deh gua….

Terakhir B datang, gua masih di dalam kamar dan hubby yang bukain pintu, jadi gua gak sempet ambil sendal rumah buat B. Begitu gua keluar kamar, B udah di dalem dengan sendalnya *sigh*
Waktu B duduk di sofa, Felcie duduk di kakinya karna B kasih liat buku Dora ke Felice. Karna Felice di kakinya, B lepas sendalnya.
Setelah itu terjadilah kesempatan besar buat gua.

F: Buka sido… *sambil liat sendal B*
B: Apa yah? *sambil bertanya ke gua*
M: Buka sendal yah, Felice?
F: Iya, buka sido. Koto jijik.
M: Buka sendal. Kotor jijik.
B: Oh iyaaa… lupa. hehehe… *sambil tertawa malu-malu*
M: Iya, soalnya Felice kita ajarin kalo di dalem rumah gak boleh pake sendal. *skak mat!*

Kejadian terakhir ini harusnya kena dong yah. Kalo masih gak kena juga gua gak tau lagi deh harus gimana. Emang mereka jarang datang sih, tapi kan bete juga kalo mereka datang gua harus ngepel. Malah pernah loh pas mereka datang tuh gua baru kelar ngepel dna masih pegang gagang pelnya, dan mereka masuk dengan anggunya menggunakan alas kaki. Dan setelah mereka pulang gua harus ngepel lagi. Tape deeehh….

Semogaaa… setelah ini mereka nyadar yah, jadi gua kan gak perlu menggerutu di belakang hehehe…

Padahal kalo kita ke rumahnya selalu buka alas kaki even lantai rumahnya itu kotor sehingga kalo kita pulang kaki kita pasti hitam2 deh. Tapi sekotor-kotornya lantai rumah, pasti lebih kotor alas kaki dari luar kan? Dan mereka pun gak pake alas kaki di dalem rumah loh. Kalo mereka emang kebiasaan alas kaki luar masuk ke dalam rumah sih gua masih bisa mengerti lah ya. Tapi ini kan enggak.

Padahal kalo mereka ke rumah salah seorang sodara kita yang tinggal di perumahan elit, begitu sampe depan pintu langsung loh buka alas kakinya di depan pintu. Gua sampe merasa kecil hati, apakah karna rumah gua jauh lebih kecil dan lebih jelek sehingga mereka selalu lupa buka alas kaki even gua punya anak kecil dan sodara satu itu gak punya anak? Jadi sedih deh, huhuhu…..

Menurut teman-teman, wajar gak sih gua kalo gua gak demen orang masuk ke dalam rumah pake sendal karna Felice sering maen di lantai?

Advertisements

15 thoughts on “Semoga….

  1. padahal rata2 orang indo kalo bertamu selalu buka sendalnya ya. soalnya dulu pas di jakarta, justru kita tuh gpp kalo tamu masuk rumah pake sandal, asal kalo sampe masuk kamar baru sandal harus lepas. tapi justru semua tamu pasti ngebuka sandalnya pas mau masuk rumah. gua sampe selalu bilang: gpp pake aja. dan biasanya rata2 tetep ngebuka sandal/sepatunya.

    nah kalo disini, gua sama kayak lu. di dalem rumah kita biasain lepas sandal dan ganti sandal rumah. soalnya andrew kan suka main di lantai. lagian soalnya gak ada pembantu, mesti ngepel sendiri. hahaha. kalo tamunya orang indo, mereka selalu ngerti dan selalu ngelepas sandal/sepatu. yang jadi masalah tuh kalo orang bule! mereka gak pernah tuh ngelepas sepatu/sandalnya. main masuk aja! rese ya….

    gua orangnya juga gak enak atian kayak lu gitu, jadi ya diem aja. lagian menurut temen2 gua katanya orang bule emang kebiasaan gitu dan mereka malah tersinggung kalo disuruh buka sandal/sepatu. weleh weleh….

    jadinya tiap si tamu pulang ya gua langsung ngepel ulang deh. untungnya jaraaaaaaaaang banget ada tamu orang bule. hahahaha.

    kalo orang bule yang kebiasaannya pake alas kaki sih mau bilang apa yah, lah ini mah di rumahnya aja buka sendal, malah felice aja gua suruh buka sendal kalo ke rumahnya. dan mereka pun suruh felice buka sendal karna kotor *sigh*
    gua juga gak ada mbak, jadi yah kudu buang tenaga ngepel sendiri hahaha. cape booow…
    .

  2. Wajar kok Ver, secara anak2 kita masih kecil. Emang pantesnya sih dibuka tuh sandal wong ciaka aja banyak kuman apalgi yang pake sendal yang udah nempel kemana2.

    Cara lo udah alus kok, negor tamu lewat Felice, lama2 juga nyadar kok ! (*mustinya)

    makanyaaa… kita kan ada anak kecil yang doyan maen di lantai yah, kalo belum ada anak sih gua gak terlalu masalah.
    lagian gua gak ada mbak, pan gua capek juga ngepelinnya huhuhu…
    makanya judulnya semoga, semoga nyadar maksudnya, lin hehehe….

  3. Wajar sih buka sendal mustinya yah..rata2 yg ke tempat gw aja buka sendal. Nanti di kasih sendal rumah atau gak ciaka…

    Justru krn dl rumah sini ada anak kos kalo ada tamu di suruh pake sendal, karena toh percuma ada anak kos hilir mudik bawa temennya..kecuali mau masuk area kamar gw baru buka sendal. Kebetulan juga clarissa gak di turunin kalau di luar area kamar gw..

    Justru cara elo sindir lewat felice udah bagus…hahahah…sayang aja kurang mempan..lain kali pas felice ngomong koto jijik…terus elo nyamber aja ver..pura2 ngomong sama felice…”buka sendal..oh iya kotor jijik yah felice…kan felice mainnya di lantai…” gitu di tambahin hehehe

    iya sih yah, kalo ada anak kos yang hilir mudik gitu mah gak perlu buka sendal. dulu waktu gua kos juga sendal masuk sampe ke depan kamar hehehe…
    tapi kalo rumah sendiri gini, apalgi felice maen dimana2 udah gak bisa dilarang secara dia udah bisa mondar mandir semaunya kudu lebih bersih sih yah.
    iya deh, kalo masih belum mempan, laen kali kudu lebih dipertegas kata2nya yah hehehe…
    .

  4. waktu tamunya br dateng, di pintu depan lu bilang ” sendalnya ditaruh di sini aja…” gapapa kali kl bilang gitu, daripada lu ngepel2 mulu. cape booo….

    nah itu dia, len… gua gak bisa ngomong begitu, gak enak hati rasanya secara mereka kan sodara deket gitu. orang tua pula. takutnya mereka tersinggung.
    maunya gua ish mereka nyadar dan dengan suka rela buka sendalnya di depan pintu.
    ember, kalo sering2 datang mah g empor aje gue hehehe…
    .

  5. gw langsung berusaha mengingat-ingat apakah gw lepas sendal waktu ke rumah felice? haha…
    udah lupa nih.. maap ya bu kalo waktu itu ternyata gw juga ga lepas sendal.

    di indonesia normalnya bertamu emang lepas sendal tapi kadang ada juga tuan rumah yg bilang ‘gak pa-pa dipake aja’ nah itu basa-basi atau beneran?

    mudah2an si A & B cepet nyadar..
    ato kalo mereka dateng langsung aja bilang ‘silakan taro sepatunya di rak ya..’ hehe..

    buka kok, bu hehhee….
    gua sih karna udah kebiasaan buka sendal masuk ke dalam rumah dan mama gua juga dulu ajarinnya begitu, jadi even yang punya rumah bilang gpp, gua tetep buka. gak enak aja rasanya kalo pake sendal masuk ke dalam rumah. kecuali kalo di rumah itu lagi pesta dan semua orang pake sendal, yah gua ikutan pake juga dong hehehe….

    gua gak enak hati bilang suruh buka sendal gitu, bu, secara ini sodara deket dan orang tua pula, takut mereka tersinggung.
    yah semoga mereka nyadar aja sih, bu hehhee.
    ..

  6. gue jg ga bisa tuh masuk ke rumah orang pake sandal gt.. walopun kadang si tuan rumah bilang uda pake aja gpp rumah lagi kotor tp tetep aja donk namanya namu kan ga enak jg..
    sama seperti halnya kt jg ga demen kan liat orang dtg ke rumah kt pake sandal uda gt langsung nyelonong kesannya sok abiss padahal dia dalam rumah dia sendiri jg belum tentu pake sandal uhhh… jadi esmosi jg haha

    ver da sembuh??

    iya, gua dari dulu diajarin nyokap gak boleh pake sendal masuk dalem rumah sih, len… tp yah waktu gua belum punya anak sih gua masih fine2 aja, tp setelah punya anak kan gimana yah, kotor gitu loh secara anak gua maen di lantai. semoga abis ‘ditegur’ felice mereka mengerti deh hehehe….
    udah sembuh, len… tp giliran yudi yg lagi gak enak body hehehe….

  7. aneh sekali kenalan lu itu 🙂

    soalnya sejak nikah tinggal di apartemen, sampe Dea umur 9 bulan…semua yang namu ke unit gw pasti lepas alas kaki. Dulu di depan pintu, gw sengaja taruh sendal2 jepit gitu deh, terus kalo yang keliatan agak ragu lepas di depan (mungkin takut ilang), gw bilang aja “LEPAS DALEM aja gapapa…”.
    Jadi di dalem sedia rak sepatu juga. Double protection booo wakaka.

    Soalnya apatm kita diparket semua, dan bebi gw saat itu lagi merangkak,,,kebayang dong malesnya ngepelin parket krn gak pake PRT.

    Saran gw: Taruh aja sendal di dpn pintu kalo sikon aman. Tegur aja langsung kalo sampe 3x masih begitu juga. Kalo gak mempan beli ‘signboard’ alas kaki harap dilepas.

    duuh, rumah gua juga double protection, boow hehehe….
    di depan pintu rumah ada rak sepatu plus jejeran sendal2 parkir di sekelilingnya, trus setelah pintu masuk ada rak sepatu lagi plus jejeran sepatu felice, tp gak ngefek juga tuh hehehe….
    saran lo untuk beli signboard kudu gua pikirkan nih hahaha…
    .

  8. gw mengerti kekesalan hatimu bu… sama lah dengan salah satu keluarga gw. yg kalo menurut hubby sih emang dia ga bisa lepas alas kaki karena kebiasaan… sampe rasanya bete juga tapi mau gimana lagi..

    sabar ya bu.. orang sabar disayang Tuhan.. mudah2an next time mereka bisa ngertiin ya…

    suruh ceciz aja yang ingetin kalo mereka dateng lagi sapa tau lebih mempan 😀

    nah yang ini mah dirumahnya kebiasaannya lepas sendal, shan. yah semoga abis ini ngerti deh yah, jijay aja gua liat sendal yang udah berkeliling dunia maish di bawa masuk ke dalam rumah gua yang anaknya doyan maen di lantai.

  9. Ga setuju kalo masuk ke rumah orang masih tetap pake sendal. Biarpun kadang ada tuan rumah yang bilang ga usah buka sendal karena rumahnya kotor, tetap aja gw ga bisa masuk ke rumah dengan sendal. Udah kebiasaan kali yah?

    yup, sama, yen… gua juga gitu biar dikata gak usah dibuka pun gua pasti buka. kan jorok yah sendal di bawa masuk ke dalam rumah hehehe....

  10. haiii…
    salam kenal yaaahhh…

    kita senasib!!!
    btw..dirumah gw juga gt..pd dateng pake sepatu..mana yg dtg ketempat gw kebanyakan anak” gitu..gw suka sampe kesel..kan dikarpet suka ada kertas gt..main diinjek ajah..udah gt gw suka taro mat dikarpet buat anak” gw main..tummy time or baby gym gt…main diinjek juga..mana mereka pake sepatu lagi..kan kotor..gw suka sampe kesel..waktu itu malah ada yg sampe masuk kamar terus naik keranjang pake sepatu..

    gw orgnya gak enakan..tp kl hubby lg dirumah..dia biasanya nyuru mereka copot sepatu..tp kdg dicopot kdg kagak…gw mah cuma bisa ngurut dada ajah..abisnya gw tuh orangnya gak enakan..

    btw..blognya gw link yahh =D

    hai haiii….

    wah, nasib lo mah lebih parah, jess hahaha…. gileee kalo sampe sepatu naek ke ranjang mah bisa naek darah gua hahaha….
    tapi kalo anak2 lebih enak bilanginnya, lah ini masalahnya orang tua yang kalo dibilangin takut tersinggung trus entar ngambek lagi gak mau ke rumah gua lagi, hehehe…

    blognya gua link balik yaaa….

  11. Iiiih wajarrr banget Ver kalo elo ga sukaaa!!!
    Gw jg ga suka sih..
    Tapi untungnya kalo tamu misal ada yg dtg, gw pan jg kedepan, terus gw pake sandal, terus gw sekalian lepas sandal gw di parkiran tempat sepatu..

    Tapi pernah jg sih ada 1 tamu, datang ampe naek ke atas pake sepatu..
    Gw jg bukan sok resik, tapi emang qta punya anak2 gimana sih yg suka ngedeprok di lantai..
    Belum lagi berjuta2 kuman akan masuk bersama tuh sepatu/sandal.
    Blm lagi kalo diluar abis kena poop anjing ato kucing ato whatever laaah..
    Haizzz.. Keselll..

    Gw setuju jg ama komen Maryna diatas, jadi mungkin bs ditaro bbrp sandal rumah gitu di depan, jadi kalo tamu ga mau pake, at least si tamu jg akan sadar (semoga) kalo dia kudu lepasin sandal/sepatu dia..
    Pan tempat parkirnya emang di depan tuh sandal/sepatu 😀

    duh duh duuuh… kalo udah ngebayangin itu sendal nginjek apaan ajah gua tambah merinding disko niiiih… jijay bajaayyyy…..
    dulu gua sempet jejerin sendal rumah di deket pintu masuk supaya kalo mereka datang gua langsung siap, tp karna mereka jarang datang dan jejeran sendal rumah itu mengganggu acara bersih2 gua, jadi gua taro di rak deh. jeleknya gua jadi sering telat ngeluarin deh. akibatnya, yah itu sendal kotor masuk ke dalam rumah gua hehhee…
    semoga aja setelah ini ngerti yah. soalnya ini sodara deket sih, fen.. kalo ditegur langsung takut tersinggung, tpai ditegur secarahalus gak mempan juga hahaha…
    tape deeeeh…

  12. ah kalo orang tua emang susah deh diharapkan pengertian dan kesentil secepet orang2 muda kali ya, gua kira temen lo, masa seumur2 kita masih ngeyel kaya gitu juga sih geleng2 deh…

    kalo orang tua sih emang susah jg ya gimana cara ngomonginnya, cara2 yg lo pake udah pas banget tapi level keberhasilannya masih diragukan jg yah, hahaha..

    wakakak…. bener banget, bu. jadi yah kudu panjang sabar n ngelus2 dada aja, eeh.. sama siap2 tangan buat ngepel wkwkwk....

  13. hai lam kenal ya…

    pdhl di rumah mereka pada lepas sendal ya. tp kalo bertamu kok bs ga nyadar ya? aneh…

    mgkn lu perlu ajarin felice deh. biar kalau tamunya datang, felice aja yg ngomong “buka sendal dulu baru masuk ya…” :p

    hai jugaaa…
    emang rada aneh sih, kalo emang udah kebiasaan buka sendal kudunya mah ke rumah orang juga biasa buka sendal dong yah.
    kayaknya kudu gua ajarin ngomong gitu kali yah biar betul2 berhasil hihihi.

  14. kalo mau cara gampang ya kaya idenya ryna, beli signboard aja.
    emang kadang kalo ngebilangin orang tua itu lebih susah ya, kudu sering2 bilangin n kudu pelan2 takut tersinggung, istilahnya mah tambeng gitu..

    tambeng ato emang gak mudeng yah, han hehehe….
    iya nih, kudu beli signboard kali yeee hehehe..
    ..

  15. kayanya gua lepas sandal waktu ke rmh loe ya..tp lupa wen lepas apa ga ;p biasanya org lepas sandal kl ke rmh org,kl di pilem2 org bule ga lepas bahkan pake ke ranjang gua rasa karna jalanan mereka ga sekotor di indo.tp kl tinggal di sini mah wajib lepas kecuali kaya rmh gua yg lantai 1 nya emank toko jd kl mao nae ke atas baru lepas sandal.meski rmh loe ga luas tp kan gitu masuk uda nampak tempat sepatu sendal hrsnya otomatis lepas ya…

    iya, di depan aja udah banyak sendal n sepatu berjajar begitu yah hehehe… lagian gua kan punya anak kecil, masa pake sendal masuk ke dalam rumah sih, kasian dong anak gua yang maen di lantai hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s