Ketika Felice Demam

Hati mamana udah pasti sedih dan gundah gulana.

Kejadiannya dimulai hari senin malam tanggal 18 Mei sepulang papana kerja. Pas gua suruh dia cobain baju baru, kok badannya hangat. Padahal seharian normal2 aja. Pas di termo ternyata udah 39.5. Trus gua kasih minum Tempra. Sekitar sejam kemudian mulai turun, tapi mentok di 38.4.
Felice kalo demam begitu deh. Gak pake aba2, tau2 udah tinggi aja.

Mustinya minum Tempra 4 jam kemudian, tapi sekitar jam 12 tengah malem, panasnya Felice tinggi lagi sampe 39.9. Gak tau apa gua salah masukkin termo ke kupingnya. Tp yang pasti gua langsung panik, gua kasih minum Tempra even masih kurang 1 jam dari jadwalnya. Gak lama turun panasnya dan tetep mentok di 38.5. Kondisinya masih tenang, tidur tenang, dan tidak rewel. Felice kalo sakit emang biasanya gak rewel sih. Kalopun rewel masih dalam batas toleransi lah, gak sampe yang gimana banget.

Hari Selasa jam 8 pagi gua kasih Tempra lagi karna suhunya masih di 38.5. Abis itu kita bawa ke dsa-nya. Diagnosisnya adalah kena virus. Gua tanya apakah roseolla, dia bilang sejenis itu karna virus itu banyak sekali jumlahnya. Untuk memastikan apakah roseolla ato bukan, diperlukan cek darah. Biaya untuk ceh darahnya sekitar 2-3 juta karna masih harus di kirim ke Amrik. Hasilnya baru keluar sekitar 1 bulan kemudian. Jeee… Udah sembuh duluan kali pasiennya baru hasilnya keluar hahaha…
Seperti biasa dikasih tau kalo 3 hari masih demam kudu dibawa cek darah, yaitu hari Kamis. Trus kalo nanti pas panasnya turun keluar ruam-ruam merah, jangan kaget karna itu efeknya. Dan tetep harus mandi.
Felice udah 2 kali kena penyakit virus begini. Semoga gak sampe yang ke-4 kali deh yaaa… Yah gimana dong, namanya anak di bawa keluar2 kita kan gak bisa kontrol udara yang beredar di sekitar kita itu bervirus ato enggak yah. Mungkin Felice ngedrop karna hari Sabtu kita ke Bandung jadi kurang tidur. Trus hari Minggunya kita pergi bareng ILs dari jam 18 trus dilanjutkan maen ke rumah ILs sampe jam 24, so telat tidur lagi deh.

Waktu nebus obat di apotik gua beli kompresan dari gel, mirip ama kompres matanya Body Shop tapi yang ini lebih lebar dan bisa untuk kompres dingin dan hangat. Felice gak mau dikompres pake handuk, so gua coba beli kompresan model begini deh sapa tau dia mau. Bener aja, dia mau pake kompresan ini hehehe…

Ama dsa-nya dikasih 3 macem obat sirup yaitu Ostarin – ibuprofen, Isprinol – antivirus, dan Tribost – penambah daya tahan tubuh. Kalo udah gak demam gak usah diminum lagi kata dokternya. Ok deh, DOk. SO, hari itu gua kasih minum obat sesuai jadwal.

Nafsu makan Felice menurun banget. Makan roti gak mau, susu aja gak abis padahal biasanya minta nambah. Tapi untungnya dia mau minum soup yang gua buat. Sempetlah makan 5 sendok nasi, juga bbrp potong wortel dan kentang. Minum Pocari gak usah ditanya, doyan banget. Trus dia juga banyak minum air putih. Baguslah jadi kan terhindar dari dehidrasi yah.

Hari Rabu terakhir gua kasih obat jam 10 pagi. Abis itu suhunya menurun sampe ke 37.1. Yasud, karna udah turun obatnya gua stop dong. Seharian gak minum obat lagi tuh.

Karna kemarennya kurang makanan padat, hari Rabu gua sengaja beli Hokben buat dia. Felice doyan makan nasinya hokben kalo di rumah. Tapi kalo di bawa ke Hokbennya, yah makannya dikit hehehe… Puji Tuhan, Felice mau makan nasi dan beef teriyaki-nya sampe setengah porsi lebih nasi. Bangun tidur siang, dia makan lagi nasinya kira2 seperempat porsi. Lumayan deh buat isi perutnya. Yah gua tau sih pasti pake MSG, tapi gimana lagi daripada perutnya kosong terus kan.

Eeeh… pas jam 1 a.m. suhunya naek lagi sampe 38.5. Gua kasih lagi deh obat demamnya. Trus kurleb sejam kemudian turun lagi sampe ke 37. Tenang deh gua. Jam 2 a.m. dia bangun nangis2 cari mamana yang lagi nongrong depan kompie.
Tapi abis itu tidurnya gak tenang banget. Nangis muluuu. Digendonglah, dipangkulah, dipeluklah, semuanya cuman sebentaran aja abis itu gak lama bangun dan nangis lagi. Sediih banget karna gua gak tau dia kenapa. Sampe 2 jam lebih tuh begitu sampe jam 4.30 a.m. Akhirnya kita setelin brainy baby, karna ditawarin pampa, barney, barbie smeuanya ditolak, malah milih brainy baby. Lumayan deh abis itu dia tenang trus minta makan roti. Mamana sih langsung bobo begitu felice nonton karna udah gak kuat buka mata, gantian papana yg jagain hehehe…

Hari Kamis pagi masih tetep di kisaran 37 dan mulai muncul ruam-ruam di perut, leher, dan kakinya. Waah… udah lebih tenang lagi gua. Biasanya kalo udah muncul ruam begini tandanya udah sembuh dan suhunya gak naek lagi. Aktifnya udah normal lagi. Cerewetnya udah balik lagi. Nakalnya juga udah balik lagi. Mama dan papana udah lega karna Felice udah sembuh.
Gua masakkin sup bayam merah dan lumayan berhasil. Felice makan lebih dari 10 suap deh even tetep gak habis.

Felice baru bobo siang sekitar jam 14, trus baru bangun jam 1730. Pas di termo masih 36.9. Abis itu mamana beberes, cuci piring dan lain2, tau2 jam 18.15an  papana bilang suhunya naek lagi 37.6. Waduuuh….. Was2 lagi nih gua.
Trus gua termo lagi malah tambah naek jadi 37.9. KArna kurang percaya ama termo kuping, gua pake termo digital biasa yg kepit di ketek, hasilnya 37.6.

Trus gua telpon dr. Silvia a.k.a mamana Louis. Silvia menyarankan bawa cek darah. Trus gua telpon ke IGD Hermina disuruh cek drah juga karna demamnya masih berlanjut.
Buru2 deh ke RS Royal Taruma yang paling deket rumah. Beberapa kali ke Royal Taruma, kita sihpuas ama pelayanan dokter dan susternya yang ramah2.
Dulu sih gua pernah bete ama sistem admin disana yang rese banget. Udah gitu kasirnya jutek abis sampe pengen gua tabokkin rasanya. Trus gua ngomel komplen ke customer care yang kebetulan lagi berkeliaran di sekitar gua. Setelah kejadian itu, sistem admin disono kok jadi lebih bersahabat yah. Entah karna omelan komplenan gua itu didengar ato karna emang udah banyak pasien yang komplen jadi mau gak mau mereka berubah. Baguslah yah kalo mereka mau berubah hehehe….

Sampe Royal, Felice untungnya gak seheboh kalo di bawa ke dsa-nya. Mau ditimbang *11 kg*, ditermo di ketek *yang kalo di rumah bisa nangis bombay gak mau ditermo ketek*, trus mau di stetoskop *yang kalo di dsa-nya udah nangis heboh kayak mau diapain*.
Abis itu udah pasti disuruh cek darah. Eng ing eeeng… Gua n hubby udah ketar ketir nih. Gimana yah reaksi si Eneng kalo diambil darahnya.
Guayang  gendong Felice. Gua juga tegang, pan gua takut jarum hahaha….
Untung petugas lab-nya ramah dan bisa merayu2 Felice. Awalnya tangannya dikakuin, setelah di rayu2 ama 2 petugasnya dan disogok ama Pocoyo di hp papana, Felice mau melemaskan tangannya. Begitu jarumnya ditusuk, dia diem aja. Trus perlahan tapi pasti tangisannya membahana ke seluruh RS teruuussss sampe jarumnya dicabut. Bener-bener anak mama nih hahaha… Mamana udah setua ini aja masih nangis kalo mau disuntik wkwkwk…

Abis itu buat menghibur Felice kita bawa ke Coffee Bean. Beli hot chocolate sekalian mama n papana dinner. Felice dibeliin muffin yang cuma dicuil2 aja. Makan bbrp potong roti punya papana dan minum hot chocolate setengah gelas lebih. Lumayan deh yah masih ada yang masuk.

Pas hasilnya keluar, ternyata leukositnya tinggi 11.3 padahal batasnya 10.
Trombosit 206 dari range 150-450. Tapi lumayan rendah karna normalnya anak2 tuh diatas 220.

Diagnosis dokter menurut hasil lab itu bukan DB dan bukan tipus, tetapi infeksi bakteri.
Nah, dokter tanya apakah ada pilek ato batuk. Gua jawab gak ada. Pileknya paling pas nangis2 semalem itu aja.Dokter saranin Jumat ato Sabtu dicek lagi darahnya untuk memastikan aja karna masih binun juga infeksi bakterinya dimana karna Felice kan gak batuk dan pilek. Ama dokternya dikasih resep antibiotik karna ada infeksi bakteri kan.

Rencananya sih, setelah tanya2 ama Silvia lagi, besok mau gua bawa ke dsa-nya aja hasil labnya itu. Sapa tau dsa-nya punya pendapat lain kan. Tapi gua lebih berharap lagi kalo besok Felice demamnya gak naek lagi. Tadi sih sebelum tidur gua kasih minum obat dari dsa-nya dan panasnya turun. Barusan gua termo suhunya 36.3.  Semoga gak naek lagi deh. Sutris gua mikirinnya. Tadi aja waktu mau bawa Felice ke Royal gua udah sempet nangis bentar. Gak tega banget liat anak sakit begitu, apalagi mikirin dia mau diambil darahnya. Duuuuh….

Advertisements

16 thoughts on “Ketika Felice Demam

  1. Felice cepet sembuh ya.. bulan depan kan mo maen bandung lagi 🙂

    thanks yah, dok hehehe…
    iya nih, kan siap2 mau ke bandung lagi hehehe.
    ..

  2. cepet sembuh ya neng…
    lagi banyak yang pada sakit nih, cuacanya lagi gak bagus..

    aneh ya, jaman sekarang adaaaa aja penyakitnya, virus lah, ini lah, itu lah, jaman dulu mana ada…

    iya, beneran bikin was2 deh…
    semoga KEvin sehat2 aja yaaah.
    ..

  3. mudah-mudahan cepet sembuh ya..
    hush.. hush.. jauh-jauhlah virus dari kami semua..
    kemaren mamana clo tepar sekarang clo mulai kena nihh…

    thanks yah, bu.. semoga clo cepet sembuh juga yaaa….

  4. Duh…Felice lagi sakit yah chayank? Moga cepat sembuh yah, cepat ceria lagi biar papa-mama juga ikutan lega.

    iyaa… thanks yah, auntie...

  5. cepet sembuh ya ceciz, biar napsu makan lagiii, biar mamanya semangat masak lagi, ga usah call2 delivery hokben, hihihi..

    iya, iie celin… siap, laksanakan hehehe...

  6. iyah coba aja bawa hasil labnya ke DSA, Ver. Kan kl udah ketauan pasti sakitnya darimana jadi bisa segera diobati.
    Cepet sembuh ya Felice.

    Tadi udah ke DSAnya dan menurut DSAnya sih normal aja. Kalo malam ini ada serangan panas lagi, berarti besok kudu cek darah lagi. Duh, semoga gak apa2 deh. Sutris gua.

  7. Semoga neng Ceciz cpt sembuh and ga usa pake cek darah lagi, ga pake panasnya naek lagi deh..
    Jadi si mama kan bisa tenang and istirahat sedikit. Gw tau Ver pasti elu jg kurang tidur deh kaya gitu..
    Mnm vitamin Ver elu sndr jgn lupa..

    AMin… Semoga gak naek2 lagi deh yah. Thanks yah, Fen...

  8. wah felice lg sakit yah…cepet sembuh yah…biar mamanya gak sutris…nanti di posting yah sakit apa ternyata dari hasil cek darah terakhir “bakteri” yg di maksud…buat nambah pengalaman…

    bener2 anak mamana yah takut suntik, kmrn sabtu clarissa gw bawa ipd..di steteskop masih ketawa2 genit, siap2 jarum juga, terus pas dia liat jarum gede dan di cuss…langsung deh nangis…kencenggggg bgt membahanan..eh yg gak sopan papanya lgs nyeletuk…wah bener2 anak mamanya takut sama jarum suntik …si dokter sama susternya lgs ketawa..di kirain mereka kl gw suntik nangis juga..bikin malu gw aja

    hahaha… kalo gua sih emang beneran nangis kalo disuntik, gak heran felice juga begitu kan??? hehehe….

  9. neng..cepet sembuh yah…kacian mama pusyiang tuh… hehehe…mamam yang banyak, biar cepet kuat..

    udah sembuh, tante… tecuuu…
    abis ini harusnya makannya jadi banyak yah hehehe…

  10. Moga2 Felice cepet baek ya, panasnya juga ga naek2 lagi..

    Kejadian ini sama kaya Darren, tapi Darren panas 2 hari sampe 39.3, terus abis ga panas keluar deh bintik2 merah muali dari muka. Tapi Puji Tuhan sekarang udah mulai membaik.

    Get well soon Felice, jadi papa mama ga sedih lagi !

    Lagi musim virus nih, Lin. Temen2 gua juga anak2nya banyak yang kena virus macam ini.
    Thanks yah, Lin..
    .

  11. skrg neng ceciz dah bener2 sembuh kan? jgn sakit2 lagi yahh..
    eh comment paling atas apa tuuuhh.. mau ke bdg lagi yaa.. 🙂

    udah dooong hehehe….
    deeuu… siap2 pelesir lagi yaaah heheh… kali ini mah gantian lu yang ke jakarta dong…
    ….

  12. Neng Ceciz udah sembuh ? moga2 udah yaaa… biar mamana gak sutris lagi… Heuh.. kalo gua jadi elu ya Ver… duh .. gua udah panik2an bener deh…

    udah sembuh, bu… udah gak sutris lagi deh heheh…
    Puji TUhan banget, kalo sampe kenapa2 duuuh… bisa pingsan gua hehehe….

  13. sekarang dah OK kan ver? duh kebayang deh rasanya liat anak ditusuk ambil darah tuh gimana banget 🙂

    udah ok, shan. iyaaa…. gak tega banget deh liatnya. lah gua aja sakit apalagi felice kan yah huhuhu...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s