Singapore Trip – day 1

Hai haaii… Ai em beeek….. Hihihi…

Kita bertiga abis jalan-jalan ke Singapore nih..
Beli tiketnya sih udah lama, bulan Mei 2008 waktu AirAsia bagi2 free seat. Lama beeng yah, bow hehehe…
Perginya dari tanggal 23 – 28 Februari 2009.
Karna ceritanya banyak, so postingan bakalan di bagi per hari yaaa….

Kita naek flight jam 6.40 dari Jakarta ke Batam. So, dari rumah jam 5 a.m. naek Blue Bird. Blue Birdnya udah di pesan sejak malam sebelumnya.
Sampe di airport sekitar jam 5.30 dan langsung check in.
Absi check in kita ke counter customer service AirAsia yang ada di sebelah counter check in untuk upgrade bagasi kita.
Kita udah tanya di counter Duta Merlin dan call centre tentang masalah bagasi yang membingungkan ini. Counter Duta Merlind an call centre bilang kalo kita cumna dapet bagasi masing2 15 kg. Kalo kita cuman bawa 1 bagasi aja, jumlahnyabisa di akumulasikan. Tapi kalo bawa 2 koper, masing2 koper bertanya max. 15kg. Untuk mendapatkan bagasi lebih dari 15 kg, kita harus upgrade dengan tambahan biaya tentunya.

Waktu booking, untuk flight Jakarta-Batam, gua beli 2 bagasi @ 15 kg. Sedangkan untuk pulangnya gua beli 3 bagasi @ 15 kg. Pembelian bagasi yang gua lakukan sesuai dengan peraturan lama. Sedangkan sejak bulan Februari, AirAsia menerapkan peraturan baru tentang bagasi dimana hitungannya dihitung berdasarkan berat, bukan jumlah bagasi. Jadi misalnya kita beli bagasi supersize 20kg, terserah berapa bagasi yang penting totalnya gak lebih dari 20 kg.

Nah, karna peraturan yang baru dan karna gua gak mau mengalami peristiwa yang dialami Ferlin, gua mau upgrade bagasi gua dong. Ohya, menurut counter Duta Merlin dan call centre AirAsia, 3 bagasi yang gua beli untuk Batam-Jakarta itu gak berlaku. Gua cuman mendapatkan 2 bagasi @ 15 kg, even gua beli 3 bagasi. Entah kenapa….

Waktu gua mau beli, staff customer service di Cengkareng langsung bilang bahwa gua beli waktu peraturan lama tentang bagasi, tapi karna sekarang yang beralku peraturan baru, jadi untuk pulangnya gua mendapatkan 3 bagasi @ 15 kg = 45 kg. Terserah mau berapa bagasi pokoknya max. 45 kg dan 1 koper beratnya max 32kg. Karna gua udah dapet 45 kg, so gua gak jadi beli bagasi tambahan dong. Tenang deh hehehe…

Kelar check in dan lain-lain, begitu sampe boarding room, ternyata penumpang udah boleh masuk pesawat. Jadi kita gak perlu nunggu-nunggu deh hehehe…. Perjalanan diperkirakan 1 jam 25 menit, dan ternyata kita sampe 15 menit lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Hebat yah hehehe…. Sampe Hang Nadim jam 7.50. Selama di pesawat Felice bobo. Maklum deh bangunnya kan pagi2 buta. Kebetulan banget pesawatnya gak penuh, jadi kita dapet 3 seat. So, Felice bisa bobo selonjoran deh hehehe….

Begitu sampe Hang Nadim, kita liat ada counter penjualan tiket ferry ke Singapore (SG). Langsung aja deh kiat ke sono dan beli tiket sambil nunggu bagasi kita keluar.

Ada 2 ferry yang bisa kita pilih. Batam Fast dan Penguin. Harga untuk dewasa sih sama aja, tapi untuk anak-anak ada perbedaan. Batam Fast memberlakukan harga yang sama untuk dewasa dan anak-anak, sedangkan Penguin tidak.

Batam Fast
Dewasa dan anak-anak:
Tiket one way = S$ 16
Tike pp = S$ 18
Tax di Batam Centre = S$ 7
Tax di SG = S$ 20
Total per orang pp = S$ 45
Karna Felice dihitung 1 tiket, jadi totalnya kalo bertiga S$ 135

Penguin
Dewasa
Tiket one way = S$ 16
Tiket pp = S$ 16 x 2 = S$ 32
Tax di Batam Centre = S$ 7
Tax di Singapore = S$ 6
Total dewasa pp per orang = S$ 45

Anak-anak di bawah 3 tahun
Tiket one way = S$ 3
Tiket pp = S$ 3 x 2 = S$ 6
Tax di Batam Centre = S$ 7
Tax di Singapore = S$ 6
Total anak2 pp per orang = S$ 19

Jadi kalo naek Penguin, total tiket untuk kita bertiga adalah S$ 109. Lebih murah kaan? Karna lebih murah, yah kita naek Penguin lah patinya hehehe…. Tapi, tiket ferry untuk Felice musti beli di counter Penguin di Batam Centre langsung. Trus tax juga di bayar sewaktu check in.

Kelar beli tiket ferry, kita ke tempat pengambilan bagasi. Ternyata… bagasinya udah gak ada lagi. Conveyor sudah mati. Oh nooo…..  Panic mode on.
Gua dan hubby bingung deh bagasi kita ada di mana. Padahal kita beli tiket ferry gak lebih dari 15 menit loh. Biasanya kan bagasi lama keluarnya yah.
Setelah tanya-tanya ke petugas airport, kita disuruh ke kantornya AirAsia yang berada di ujung bandara. Buru-buru deh hubby jalan ke sono. Dan ternyata, koper kita ada di sono. Phiuuuuh…. Kata staf AirAsia, mereka udah nunggu lama tapi bagasinya gak ada yang ngambil, jadi dibawa ke kantor deh.
Legaaa…
Ternyata service AirAsia cukup memuaskan yah. Cepat kerjanya.

Dari Hang Nadim naek taxi ke Batam Centre. Gak usah pake nanya atawa nawar, langsung aja bayar 70rb.
Sampe Batam Centre, hubby langsung ke lantai 2 untuk ngurus fiskal dan check in ferry untuk penyebrangan jam 10.40.

Ngurus fiskal gampang kok. Untuk hubby yang pemegang NPWP, tinggal bawa kartu NPWP asli dan paspor. Sedangkan untuk gua cukup kasih KK dan paspor aja. Kalo Felice sih otomatis free fiskal karna masih di bawah umur kan.
Abis itu check in sekalian beli tiket ferry untuk Felice dan bayar tax masing2 S$ 7.
Selain itu, kita jua musti bayar untuk bagage check in looh… Ada range-nya tp gua gak inget. Yang gua inget cuman untuk 20-30 kg Rp 10.000. Karna koper gua beratnya cuman 27kg, jadi gua bayarnya 10rb saza.
Tapi, pembayaran ini cuman buat biaya angkut dari Batam Center ke ferry aja loh. Nanti sampe Harbourfront Singapore, kita gotong koper sendiri bawa turun dari ferry-nya.

Perjalanan dari Batam Centre ke Harbourfront memakan waktu 1 jam. Perjalanannya mulus, gak ada ombak gede, dan Felice bobo terus hehehe… Baguslah, gua takut dia mabok laut soalnya.

Sampe Harbourfront langsung ketemu ama imigrasinya Singapore. Antriannya gak panjang sih. Jadi gak lama kita udah bisa keluar dari imigrasi dan langsung cari stasiun MRT.

Kita nginep di apartemen sewaan di People’s Park Centre di Chinatown. Sempet nyasar ke office buildingnya hehehe…. Lokasinya sih strategis yah. Di bawah apartemen itu ada pusat perbelanjaan seperti ITC lah, trus ada stsiun MRT juga di bawahnya, ada bus stop di depannya, jadi mau kemana-mana gampang. Kita ambil kamar buat berdua, semalem S$ 50. Murah yaa hehehe… Kamarnya sih kecil tapi bersih. Yah ok lah buat harga segitu. Lagian cuman dipake buat tidur malem doang kan hehehe…

Sampe apartemen taro barang, mandi, langsung keluar deh hehehe… Karna hujan kita cari makan di bawah aja. Nyobain satu resto mie yang enak. Beli 1 porsi hot pot plus mie, 1 porsi fishball noodle, dan 1 gelas milo hangat buat si eneng, totalnya S$ 9. Kenyaaang…

Sms2an ama Lena buat ketemuan malemnya. Lena mau nyamperin dimanapun kita berada. Yasud, karna hujan kita ke stasiun MRT deh. Setelah pilih2 akhirnya kita memilih ke Orchard aja deh hehehe…
Pulang kantor, Lena jemput kita di Nge Ann City. Naek taxi ke rumahnya di Holland Village. Rumahnya Lena enak deh. Di bawahnya itu banyak pohon gede-gede dan berbukit-bukit, ada playground juga. Nyaman deh pokoknya.

Ketemu Nathan yang lucu dan pinter banget ngomongnya. Diajak ngomong pake Mandarin, English, Bahasa bisa semua. Sampe kalo Nathan ngomong gua suka gak ngerti karna dia ngomongnya campur pake Mandarin hehehe… Maklum dah gua mah buta banget ama Mandarin :p

Abis itu ditraktir makan di Crystal Jade. Tinggal jalan kaki aja dari rumahnya Lena. Selama jalan kekai ke Crystal Jade, Felcie seneng bener dah. Maklum jarang jalan di trotoar hehehe… Noraks mode on :p

Lena baek banget deh. Gua n hubby sampe gak enak hati ama Lena and Vincent, suaminya. Felice di kasih setelan Baby Zara trus di traktir makan enak pula. Padahal ini pertama kali ktia ketemua kan. Jadi terharu deh, hiks… Malah temen gua yang udah kenal lama gak menyempatkan diri buat ketemuan ama gua. Thanks a lot yah, Lena, Vincent, Nathan, dan phophonya Nathan ^_^

sg_day-1

Abis makan kita pulang naek MRT lagi. Lena, Vincent, dan Nathan nganterin sampe stasiun MRT yang jaraknya jauh bener dari rumahnya heheh… Sorry yah bikin lo capek, Len hehehe….
Sampe apartemen Felcie langsung ngoroks. Hubby cari-cari wifi dulu. Eeh.. dapet deh. Trus hubby bisa pecahin passwordnya lagi, jadi deh kita dapet wifi gratis hehehe…. Tp kita gak merugikan kok karna wifi yang kita pake itu unlimited.

15 thoughts on “Singapore Trip – day 1

  1. Dulu gw juga berencana kalo mau ke SG lewat Batam aja tapi karena sekarang udah bebas fiskal, beda harganya udah ga terlalu jauh ya ama dari jkt langsung..
    Hmm.. kapan ya.. berangan-angan dulu ah, hehe..

    iya sih, lewat batam lebih murah dikit tapi lebih repot banyak hehehe… tp waktu gua booking kan belum ada tiket yang direct jkt-sin, bu…
    ayo dong, siap2 kalo ada free tiket dari airasia lagi hehehe….

  2. Wah, kita selisih jalan ya .. gw ke sin-nya hari sabtu minggu. Kalo ga makin rame ya ketemuan, Felice – Nathan – Grace :p Gw juga nginep di people’s park centre ..sama juga hehehe. Memang enak dan strategis tuh tempatnya. Makanannnya juga enak2 dan murah 🙂

    Lewat Batam lagi perginya :p Memang penuin lebih murah buat infantnya (jauh), jadi gw juga milih penuin.

    Btw, mamana felice bagus ya nulisnya, detil banget ..

    iya, coba di pending sehari, yen… bisa ketemuan deh kita hehehe….

  3. Wah… seru ya jalan2nya.. gw dulu juga pernah nginep di people’s park, cuma kamarnya kecil banget…

    sekarang kalo kesana gw nginep di novena, harganya sama tapi kamarnya gede, yang ga enak cuma agak jauh dari MRT Station

    Felice pasti happy banget ya.. gw juga dapet tiket gratis nih, berangkat Oktober, tapi langsung ke Spore.

    iya, kamarnya sempit pisan hehehe… tp gpplah, murah meriah gitu loh… wah, asiknyaa… waktu gua booking beluma da yang direct ke sin sih huhuhu…

  4. wah asyik yah pada jalan2….huhuhuhu….

    emg gampang yah dpt tiket gratis gitu? musti hoki2an kan..loe buka2in satu2 tiap hari yah webnya?

    gua sih coba masukkin tanggal2 yang gua mau aja, bu… trus kebetulan langsung dapet tuh hehehe…

  5. salam kenal ya,
    kami sekeluarga berencana ke spore liburan idulfitri tahun ini
    bisa minta contact numbernya u/ sewa apartemen murah di people’s park centre nda ? habis “blank” banget ttg sewa menyewa di spore,
    thanks before

    salam kenal juga yaah…. nanti gua bikin postingan sendiri tentang itu deh yaa…

  6. aih, hari pertama udah ditraktir makan gratisss..
    senengyaaa..

    iya dong, makanya kalo jalan2 ke SG harus ketemuan ama Lena hihihi… *kabuurr… takut dijitak Lena :p*

  7. wah asiknya makan di crystal jade… jadi pengen… hehehe

    wah hebat banget hubby lu bisa mecahin password nya orang. hahha

    abis pwd-nya gampang bener, dia nebak-nebak eeh… bener hahaha… lumayanlah dapet wifi gratis hehehe…

  8. hai ver.. ini sylvie temen sd & sma elo.. masih inget gak?

    teryata lena itu temen kuliah gue loh.. dunia itu kecil yah?

    btw, felice lucu banget 🙂

    inget dong, syl… duilee… dunia sempit bener yak hehehe….
    thanks yah, syl ^_^

  9. Ver, bawa neng Ceciz gitu lewat Batam gitu ga repot yah? Maksud gw, selama pindahan gitu, terus cr ferry lagi ke Singapore susah ga?
    Dia di stroller aja terus yah?
    Kl msh 1 ringkesss yah emang. Coba bayangkan kalo bw 2? Phew.. bs gempor nangkepin pada kabur2an. Hihihi..

    untungnya dia mau di stroller terus. jadi tinggal angkat barengan strollernya. lagian angkat ke ferry-nya dibantuin ama petugasnya kok.
    kalo bawa 2 sih kudu bawa pasukan gotong tambahan, fen… mana tahan angkut 2 anak plus koper plus dus plus ini plus itu…
    bisa2 pulang2 pada pengkor nih badan hehehe…

  10. ver, lu nginepnya di aartemen mana tuh? mau infonya dong..booking dulu apa langsung dateng.. renca pengen jalan2 jg, tapi rame2 jd mau cari yang murah meriah.. hehe.. thanks yah…

    nanti gua kasih no telp-nya via YM yah, bu…

  11. Salam kenal,
    Mau tanya, apartemen di Peoples Park ada contact personnya gak, soalnya rencana saya mau pergi juga akhir bulan ini. Nginepnya di lt 2 dan no tlp orgnya. tks b4.

    gua lupa deh nginepnya di lantai berapa. nama pemiliknya mrs. liew, kebetulan name card-nya hilang. coba aja di googling, bu. gua juga dapetnya dari googling. apartemennya sih gak terlalu bagus tpai bersih dan yang pasti murah hehehe…..

  12. hi ci, aku mau tny apt. peoples’s park itu… bayarnya pas booking (transfer) atau byr di tempat pas kita sampe di sana? thx ya ci…
    bln dpn aku & adikku mau kesana. selama ini klo ke sg aku selalu nginep di lucky plaza.bayarnya pas kita sampe di sana. tp sayangnya di 2 tempat langganan aku unitnya skrg lg renov.

  13. hi ci, aku mau tny soal apt. people’s park itu mesti byr dulu (transfer) atau byr di sana pas kita sampe sing? thx ya….
    bln dpn aku & adikku mau ke sing, ini kali ke4 aku ke sana. biasanya aku nginep di lucky plaza, tp di 2 tempat langganan aku unit apartmentnya lg renov. klo yg di lucky plaza itu aku bayarnya pas sampe di sing.

Leave a Reply

