Jangan Bikin Tambah Pusing

Udah bukan cerita baru kalo Felice sekarang susah makan. Sekali makan paling 5 suapan udah mabur. Kadang kalo udah putus asa, gua ambil cukuran kumis hubby. Fyi, Felice takut ama bunyi ukuran itu yang ngooeeng… ngoeeengg… Sama seperti dia takut ama hair dryer. Dan dengan keadaan tertekan karna takut ama cukuran kumis, dia makan. Tapi lama-lama gua kasian juga, kok makan aja dalam keadaan tertekan sih. So, sekarang gua memutuskan untuk gak memaksa Felcie untuk makan. Tapi gua tetep berusaha supaya dia makan dong. Bukannya kalo gak mau ya udah dibiarin aja.

Karna susah makan, otomatis Felice terlihat lebih kurus dong yah.Kalo minum susu sih masih jagoan. Udah minum 200ml, tp kalo masih mau dia bisa minta dan minum 200ml lagi. Dalam 1 hari total susu yang diminum >600ml tergantung keinginan. Yang udah pasti sih 3 x 200ml.
Padahal di buku The Miracle of Enzyme susu sapi itu gak bagus buat tubuh, tapi gimana dong… gak mungkin kan Felice gak dikasih minum susu. Apa kata dunia?

Felice gak mau makan aja udah bikin gua pusing berkeliling-keliling. Pluuus… sekarang gua harus membiasakan diri dengerin omongan orang yang bilang *padahal masih belum terbiasa dan sering pengen muntah dengerinya*:

kok kurus?

gak bener nih anak

anak ini kurang gizi

dikasih makan apa lu?

gak enak kali makanannya

kurang minum susu anget kali, kalo minum susu anget kan menambah nafsu makan

mamanya tambah endut, anaknya tambah kurus

dll, dsb, dkk…

Buat kalian-kalian yang merasa lebih pinter dan lebih berilmu pengetahuan daripada gua sehingga dengan arif dan bijaksana menambah kepusingan gua:

Gua selalu memberikan yang terbaik buat keluarga gua. Gua selalu memperhatikan kesehatan keluarga gua. Itu sebabnya gua rajin membaca dan browsing tentang kesehatan. Dan gua tau apa yang baik dan tidak untuk Felice. Buktinya Felice jarang sakit kok. Sudah hampir setahun Felice gak sakit, puji Tuhan. Dang ua udah konsultasi ama dsa-nya Felice yang jelas-jelas lebih berilmu daripada mereka. DSAnya bilang berat Felice normal untuk anak seumurannya dan yang paling penting Felice SEHAT. Buat apa anak gendut tapi sakit2an?
Lagian, dapet info darimana sih kalo minum yang anget2 bisa menambah nafsu makan? Gua baru tau kalo minum yang anget2 bisa menambah nafsu makan.

So, please… jangan bikin gua tambah pusing dengan omongan-omongan yang gak perlu deh. Daripada ngomog tapi nyakitin hati, mendingan gak usah ngomong.Perkataan-perkataan negatif itu TIDAK membuat Felice jadi nafsu makan kok.

*curahan hati seorang ibu yang anaknya susah makan tapi sering diomongin ini itu 😦*

26 thoughts on “Jangan Bikin Tambah Pusing

  1. ah, biarin aja ver, mang mana ada sih minum yang anget bisa nambah nafsu makan, gw juga baru denger.
    yg penting kan makanannya bergizi, meskipun masuknya sedikit. Lagian anak ada masa2nya kan ya, kadang doyan makan, kadang engga, ga usah dipaksain lah.
    Jangan bete lagi ya bu..
    :):):)

  2. kalimat lain yg juga sering terdengar:

    ‘kasih vitamin ‘ini’ biar anaknya nafsu makan’
    ‘kasih pediasure aja !!’
    ‘mamanya gak pinter bujukin anaknya makan’

    kalo dokternya bilang normal, cuekin aja apa kata orang…

  3. @silvia:
    kalo udah lupa sih gak bete lagi, bu.. tp kalo baru abis diomongin, yah bete lagi hehehe….
    kalo lagi doyan sih felice bisa minta2 makan. emang skrg lagi gak mood makan kali yah, bu hehehe…
    thanks yaa..

    @babyclo:
    setuju, bu…
    dokter kan lebih tau yah..
    thanks yaa…

  4. hahah… Dulu Marv juga dibilang kurang gizi ama iienya hubby
    padahal Marv tuh makannya pinter juga… tapi anak ini kan doyan gerak.. jadi kurus deh. Tulang2nya keliatan menonjol semua hihihi… 😛
    biarin aja lah buu… emang nyebelin deh kalo ada orang lain ikut campur urusan anak kita. Kan kita tau yang terbaik buat dia… ocehh… 🙂 dan satu lagi yang penting, Felice kan sehat , daripada gendut tapi sakit2an… 😛

  5. Salam kenal bu, mo ikutan komen2 ya??? Btw dulu pas anak2ku seumuran felice juga sering dapet komentar coz anak2ku kan cenderung lebih ‘mungil” dibanding anak seusianya. Yaaaa besok2 kalo ada yg komen2 gak usa didengerin lah bu daripada bete…

  6. hidup kuyusss! eh salah hidup sehat!!
    anak gua jg ga bisa diem hslnya kuyus bgt..buncitnya pun uda berkurang T_T tp apa daya..bukan gua ga kasi makan lhoooo

    bukan salah mamanya kl tambah ndut sdgkan anaknya ga ndut :p

  7. sabar bu… kalo kata cihu gw orang sabar pantatnya lebar hehehe 😀

    orang yang kaya gitu sih kelaut aja… gw juga sering dibilangin makanannya ga enak sih, mamanya ga pinter kasih makan anak sih dsb dll…

    yang sabar ya say… dia kan ga tau anak lo sehari2 gimana ya? anak lo lincah dan sehat gitu masa dibilang kurang gizi. kalo kurang gizi mah ga bakal lincah dan so pasti sakit2an dah….

    yang paling penting kita2 tau kok elo selalu ngasih yang terbaik buat felice dan hubby ya… jadi cuekin aja deh orang kaya gitu ntar juga mereka cape sendiri

  8. Wah, sama, idem…Bu,
    Gw juga sering dibilang gitu, krn anak gw kurus. Dulu tiap ada yg ngomong aneh2 gt rasanya pengen nangis…. sakit hatikuuuu, kesannya emaknya ga bs ngurus anak.

    Trus ke dokter dibilang emang anak gw pertumbuhannya ke atas, bukan ke samping, dan dktrnya bilang dia lebih prefer anak yg kurus tinggi drpd gemuk pendek. (catet!!!) 🙂
    Sampe wkt gua tny dktr apa perlu ganti susu, dll… ehhh gw dimarahin sm dktrnya… Ktnya selama anaknya sehat ga perlu macem2. Nah dktr udah ngomong gitu legaaa deh…

    Sejak saat itu tiap ada org yg ngomong aneh2 mah udah mental deh, masup kuping kiri keluar kanan…. Hehehe.

  9. Sabar ya say….
    Gak jauh beda sama diriku kog Ver, semua serba salah. Gemuk kurus, baik buruk khan bagi masing2 orang sangat relatif. Klo agak gemuk dicrewetin, kurang gemuk dicrewetin juga, nah jadi binun khan yang pas seberapa. Badan sedeng2 kayak Mici aja diributin juga kog, kenapa banyakan mik susu daripada maem ? Nah, anaknya yang mau begitu masa dipaksa, lagian khan itu gak bahayain anak, tetep aja anak sehat n mau belajar maem juga kog. Ya khan….

  10. gak usah dipusingin ver..
    tiap anak kan beda2 urusan perutnya, yang penting mah SEHAT titik.

    mil gue juga suka gitu kok, liat anak kecil yang montok dikit langsung dibanding2in sama kevin, gue si cengar cengir aja dah.. yang penting kan anaknya dikasih makan kecuali kalo gue gak kasih makan kevin itu laen cerita.

    ok bu, gak usah dipusingin yak.. kalo pusing masak aja, kalo gak ada yang makan kirim aja ke gue 😀

  11. sabar ya bu..
    yang paling tau anak kita ya kita sendiri,,gak usah didengerin lah
    mereka mereka itu… ;p
    yang penting Felice sehat..di banding si Steph yang sering sakit hikzz

    Keep up a good work as a mom ^_^

  12. Itu pertanda mereka ga ada kerjaan say bisanya ngomentarin lu doank…hehehe…
    Yang lebih tau Felice kan lu, lu yang bareng ma Felice 24/7 dan lagian itu juga anak lu napa mereka sewot aja yah…kan yang penting sehat walafiat ga kekurangan apapun 🙂

  13. Ah samaaa banget ky gw dulu Ver. Dulu Ken kecil tuh kecil and kurus deh. Ampe tmn gw bil sorry yah, anak elu ini kaya korek api, cm gede di atasnya aja. Yah apa boleh buat? Telen deh..
    Ada lagi yg bil kaya toge.. Cm gede pala-nya jg ada. Kebetulan Ken emang kaya gitu wkt kecil.

    Cuekin aja!!! Bebek aja cuek! Blm lagi wkt Ken suka batuk pilek, langsung ada dokter bil TBC. Pdhl dok Marseno aja bil cm asma sinus. Weleh..weleh..
    Cuekin aja Ver!!!
    Buktinya nti kalo uda saatnya gede, gpp tuh. Kalo anak uda bs enjoy mknan dia sndr, uda bs tau nikmatnya mkn, bs mkn sndr, and ternyata Ken jg ga kurus kan?

    Yg penting kan uda kasih mkn yg bergizi ke Felice. Ya sutra, cuekkin aja deh yg laen menggonggong jg..

  14. catet..orang sirik tanda tak mampu…sampe sempet2nya ngomentarin org yg enggak2…mending cuekin aja..krn sampe org2 bisa komen kaya kebanyakan waktu…bisa aja betulnya mereka ngiri krn anaknya kegendutan atau apa???

    kalau kurang gizi mah yg di lampu merah tuh…bilang sama orgnya..kl gw liat sih felice gak kurus kok…pas gitu, gak kegendutan kaga kekurusan..

  15. Kalo liat pengalaman temen n sodara emang anak usia dibawah 3 tahun biasanya makannya tergantung mood tuh… kalo lagi mau bisa minta n makan banyak, kalo lagi ogah ya biar kita emosi jiwa tetep aja kagak mau makan … malah jadi buang2 energi n capek2in diri sendiri aja …

    Kalo jaman dulu emang trend nya ‘gendut is the best’, tapi sekarang kan udah ganti jadi ‘sehat is the best’ … kalo mamanya yang tambah ndut sih ya wajar juga … itu kan cuma membuktikan bahwa kita gak hobby buang2 makanan … kalo anaknya gak mau ya udah, makan aja sendiri .. hi.hi…

    Yang penting sih jangan dipaksa bu … kalo gak mau ya tawarin makanan lain aja, kalo masih gak mau n udah gak ada makanan yang bisa ditawarin lagi ya udah … ntar kalo laper juga anaknya bakal minta makan / biskuit/roti/kue / agar2/jelly/puding / buah/jus / susu / apapun lainnya kok .. anak kecil juga pinter loh, dia gak bakal membuat dirinya sendiri mati kelaparan …
    Takutnya kalo dipaksa malah jadi trauma n menganggap saat makan adalah saat yang menyiksa … ini yang gawat … bisa kebawa sampe gede tuh …

    Sekedar tips aja … kadang2 anak bisa bosan dengan apa yang dia suka, jadi kalo lagi susah2nya makan, coba deh kasih anak apa yang biasanya dia gak suka (misal biasanya suka asin dan gurih, coba kasih yang manis, kalo biasanya gak suka santan or suka yang bening2 coba kasih makanan bersantan or yang spicy gitu) … sometimes it’s work loh …
    Or coba ubah tampilan makanannya (dibentuk2 dihias2 deh) …
    Trus coba juga untuk mix susunya dengan bahan lain (bikin milkshake gitu lah)
    Kalo masih gak mau juga ya udah, biarin aja … hi.hi.hi…

    Kayaknya g tuh ibu yang paling santai deh kalo Nad kagak mau makan … padahal nyokap bolak balik ngoceh melulu soalnya dari 1 tahun ampe sekarang Nad kagak nambah tuh berat badannya, masih mentok di 11 kg terus …

  16. @all:
    thanks buat dukungannya. emang musti tebel kuping yah. betenya kan ngomongnya gak cukup sekali, tapi berkali2. tape deeeh…

    @ariany, ellyse, shannni:
    iya, yang penting anak kita sehat selalu yak… terserah orang mau bilang apa.

    @lena:
    nah itu dia, len. omongannya tuh kesannya kayak kita gak bisa ngurus anak. kayak kita telantarin anak aja. sebell!!!
    yang penting dokter bilang ok yah.

    @yolan:
    emang bener serba salah. gak tau deh yang perfect menurut mereka tuh kayak apa. Mici gak kurus kok. lumayan berisi kalo menurut gua sih.

    @hanny:
    gau udah seneng aja lo mendukung gua, tapi kok belakangannya gak enak ya???

    @felicia:
    iya, kayak anak mereka tuh sempurna aja deh ah… kasian jadi anak2 yah, selalu dituntut untuk memuaskan banyak pihak, termasuk ibunya yang pasti pusing mikirin semua tuntutan itu *sigh*

    @fen:
    duuuh… kejam sekali siiih…
    tega bener tuh orang2 ngatain kayak korek, dll. ampun dah…
    kalo udah gede dan udah tau nikmatnya makan bisa nafsu makan dengan sendirinya yah, fen hehehe….

    @felicia:
    yah itu, mereka cuman bisa menguak *ceile bahasane :p* kekurangan gua tanpa bisa melihat kelebihan gua hehehe….

    @arman:
    ho oh, musti beli sumpelan kuping yah heheh…

  17. gua rasa mereka2 itu harus ketemu kiefe, dan liat kiefe pas jam lunch atau dinner, huahahaha..

    mgkn setelah itu baru bisa bersyukur dan ngomong “felice makannya pinter ya, sendok masuk mangap gede2…mamana sibuk ngerumpi, nyuap sendiri”, hahahaha..

  18. cuekin aja tuh Ver. Axel juga ga bisa ndut. Emang udh porsinya segitu. Masih mending Felice mau mum susu, masih ada gizinya. Lhah ini si Botax, kalo minum susu kudu kejar2an dulu. Pusinkkkk..

  19. @by n:
    iya, yang gua baca di buku ato internet juga banyak yg bilang bgitu, anak2 tuh gak bakalan tahan lapar. kalo lapar pasti minta makan ato minum susu.
    kalo susu sih Felice gak masalah, bu. cuman makannya yang suka bikin gua keder hehehe…
    thanks for you tips yah, bu 😀

    @ferliny:
    wakaka…
    kemaren itu lagi napsu makan tuh, bu. sampe hari ini masih napsu nih. mungkin mood makannya lagi bagus yah. . semoga besok2 tetep napsu hehehe….

    @mommy axel:
    aduuh.. mommy ini, anaknya kok dibilang si botax wkwkwk….
    kemaren ini ketemu dokter ahli akupunktur, pas lihat felice langsung bilang: anak ini gak bisa gendut nih. keliatan tipenya yang kurus2 gitu.
    tuh kaaan….

  20. @lidia:
    masa sih Steph suka sakit? keliatannya montok dan ceria banget loh, bu…
    gemes deh liat Steph, manis n imut2 banget hehehe…apalagi dengan kuncir 2nya itu hihihi…

  21. Salam kenal, rada telat nih saya baca posting ini… Cuma I just want you to know, you’re not the only one.. Anak saya jg kok nih umur 2 taun tp belum begitu bisa ngomong. Ini malah pediatrician disini bilang kl saya ga komunikasi yg cukup sama anak.. Yg penting kita sebagai orang tua tau kl kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk membuat hidup anak kita yg terbaik…

    Jadi jgn sedih2 ya.. 🙂

    Christine

  22. @christine:
    yup, bener banget, bu. kayaknya untuk jadi mommy selain kudu membesarkan anak dengan baik, juga harus belajar tutup kuping yah biar gak tambah pusing.

    salam kenal juga, bu ^_^

  23. Sekedar info buu, anakku juga dulu susah banget makan, akhirnya diputusin untuk konsultasi sm dokter khusus untuk anak susah makan yaitu dr widodo. Beliau praktek di benhil n di rs bunda….

    Manjur lohhh….. Cobain deh jeng, ga rugi lohh…

    • thanks infonya yaaah…
      sekarang sih udah okeh nih nafsu makannya, tapi rada picky, gak mau sayur dan daging, maunya telooor mulu.
      tapi dengan bujuk rayu dan ancaman, sayur dan daging tetep masuk kok hehehe….

Leave a Reply

