Bye Bye, Pembantu

Pembantu gua bakalan gua terminate nih. Makin kesini makin gak bener kerjaannya, padahal baru kerja 2 bulan lebih.
Kerja di rumah gua tuh gak berat kok karna rumah gua kecil.
Bangun jam 6-6.30 pagi.
Cuci baju 2 hari sekali.
Setrika disesuaikan dengan cucian.
Nyapu-ngepel-ngelap2 setiap hari sehabis dia bangun pagi *wajar dong yah kalo tiap hari*
Bersihin kamar gua setiap hari.
Cuci piring sesuai sikon.
Bersihin kamar mandi 3 hari sekali.
Bersihin dapur setiap hari karna pasti berminyak bekas masak kan.
Barengin Felice main.
Kalo kerjaan udah selesai boleh tidur siang.

Kenyataannya:

– Gua pernah kaget karna dia bangun jam 7.30. Buseett kan? Mana ada pembantu bangun jam 7.30 coba? Jawabnya ada. Pembantu gua. Bagoozz!

– Sering nunda cuci baju jadi cucian kotor bisa sekeranjang penuh. Bete kan? Cara nyuci dia sebenernya irit tenaga karna gua gak kasih dia nyikat baju. abis gua pernah liat dia nyikat baju gak pake perasaan,bo. Gosrek! Gosrek! Gosrek! Wadauw, gua takut baju gua rusak. Gua bilangin dikucek2 aja, kalo ada noda baru deh disikat. Trus keringinnya pake mesin cuci. Irit tenaga kan? Tapi teuteup suka nunda2 nyuci. Heran deh, gimana kalo kerja di rumah orang yang harus tiap hari nyuci ya?

– Tidur siangnya lama, bo. Minimal 2 jam. Bisa sampe 4 jam loh. Keren kaaann? Pernah sekali waktu gua bobo bareng Felice dan baru keluar kamar jam 17 lewat. Gua liat dia masih di dalem kamar. Gua pengen tau nih bangun jam brapa dia. Ternyata sampe maghrib belum bangun juga. Gara2 udah gregetan, gua gedor kamarnya dan dia baru bangun tidur. Dengan baik2 gua bilang kalo gua emang bolehin tidur siang, tp yah tau diri jugalah jangan sampe maghrib. Tau gak dia jawab apa? Jawabnya: kan tadi siang saya gak tidur. Yaolooo… ternyata tidur siang menjadi kewajiban baginya. Gak kuku deh gua. Langsung dong gua omongin kalo tidur siang bukan kewajiban. Kalo emang gak ada kerjaan yah tidur aja daripada bengong melongo. Bukannya kalo siang gak tidur, trus sorenya harus tidur kan? Dan gak harus tidur siang setiap hari kan? Tapi yah gak ngefek juga tuh diomongin. Tetep aja tidur siang nomor 1.

– Hobinya mempercepat kerjaan supaya bisa tidur siang. Kalo gua lagi dikamar dan dia gua suruh jagain Felice, dia bolak balik masuk kamar gua bilang kalo Felice mau bobo. Padahal Felice-nya minta keluar kamar mulu. Taktik tuh supaya Felice bobo dan dia bisa bobo juga.

– Jangan heran kalo baju yang belon disetrika numpuk gara2 dia meluangkan waktu untuk tidur siang. Gak sempet nyetrika dong ah, kan mau bobo siang.

– Jam 8 malem udah masuk kamar even Felice mash berkeliaran sedangkan gua n hubby lagi sibuk di depan kompie. Gak ada pengertiannya samsek. Apa2 harus disuruh loh. Kalo pembantu yang ngerti, di saat gua n hubby lagi sibuk di depan kompie, yah tanpa disuruh pun harusnya dia jagain Felice dong yah. AKhirnya gua udah gak betah lagi liat dia kayak gitu, even dia udah masuk kamar gua panggil lagi suruh jagain Felice. Kadang susian piring ditumpuk di kitchen sink sampe besok pagi karna dia keburu mau tidur malem. Awalnya gua kasian yah, masa gua bangunin buat cuci pirng doang. Diaksih hati minta jantung, bow. Sejak itu jadi sering numpuk piring kotor buat dicuci besok. Gua juga gak bego dong ah. LAngsung jadi orang tidak berperikemanusiaan. Jam berapapun kalo gau liat ada tumpukan piring kotor, gua bangunin dan suruh cuci piring.

– Kalo gua gedor2 pintu kamarnya bukan berarti gua jahat loh. Dia itu gak denger karna kalo tidur kayak orang mati. Awalnya gua panggil biasa dulu. Tia… TIa… TIA… TIA! TIAA!! TIAAA!!! THHIIIYYYAAAA!!!!!!!! Masih gak denger juga, sodara2. Gua kasih bonus ketukan di pintu dong. tok tok… Tok Tok… TOK TOK… TOK TOK!! Masih gak denger juga. Akhirnya gua gedor2 tuh pintu, untung pintunya tebel jadi gak jebol. Udah gua gedor sampe BRAK!!! BRAKK!! masih perlu bbrp kali ngegebrak loh baru keluar. Gua gak tau deh beneran gak denger ato pura2 gak denger. Dan hal itu gak berlangsung cuman satu kali loh. Berkali-kali! Sampe serak gua. Felice aja sampe belajar yang gak bener nih, kalo gua suruh panggil mbak, Felice langsung ke pintu kamar si mbak, teriak2 sambil gedor2 pintu. Haiyaaah! Abis gimana, kalo gak begitu dia gak bangun. Bohwat deh gua.

– Sebenernya dia bisa sih ajak Felice maen. Tapi kebanyakan malesnya. Dan gua perhatikan, sejak dijaga dia, Felice tambah banyak biru2 bekas benturan di kakinyayang bikin gua parno. Kalo gau di kamar dan mereka main di luar, bbrp kali gua denger Felice nangis sih, Pas gua buru2 keluar dan tanyain kenapa, dia jawab Felice marah gara2 dilarang naik ke meja ato dilarang naek ke kursi makan, pokoknya dilarang melakukan yang bahaya deh. Tapi sekarang gua jadi curiga, jangan2 sebenernya anak gua jatuh yah. Gua tanya sakit ato gak, Felice gak bereaksi sih berarti gak sakit karna kalo sakit dia bisa bilang sakit.

– Kemaren kejadian bikin ilfil banget deh. Gua lagi di depan kompie di ruang tamu. Trus Felice lagi maen ama mbaknya sambil nonton Brainy Baby duduk di karpet. Trus gua denger Felcie gubrak gabruk di lemari sepatu deket pintu rumah. Dari ruang tamu ke pintu rumah tuh harus belok kanan lalu belok kiri. Gak jauh sih jaraknya, kan rumahgua kecil hehehe… CUman kalo Felice ada di depan pintu rumah, gua gak bisa liat dia dari ruang tamu. Gua pikir si mbak ngikutin Felice kesono.
Tau2 gau denger si mbak bilang: “Jangan, Felice. Sini.”
Pas gua nengok, ternyata si mbak lagi asik duduk selonjoran di karpet sambil nyenderan ke sofa dan nonton tivi. Ya ampuuuunn… Langsung naek darah gua. Langsung gua bentak, “Samperin dong!” Abis itu baru deh dia nyamperin Felice. Felice kan lagi masanya ngegeratak. Kalo dia ngegeratak trus ketimpa sesuatu ato jatuh ato apapun gimana? Salah satu gua akhirnya memutuskan pake pembantu nginep adalah supaya ada yang jagain Felice di saat gua gak sempet jagain dia. Yeeeh… ini malah duduk2 santai coba. Gimana gua gak bertanduk.

– Kemaren pula pipi Felice baret panjang. Kebiasaan Felice, kalo lagi nonton Brainy Baby dan ada bagian anak dan ibu maen tepuk2 tangan, dia pasti nyamperin gua buat maen tepuk2 tangan seperti adegan di tivi. Waktu Felice nyamperin gua, baretnya itu belon ada. Abis itu Felice maen ke kulkas sementara si mbak tetep duduk selonjoran di karpet. Gua suruh si mbak samperin Felice. Abis itu, Felice nyamperin gua lagi, eeh… ada baret panjang di pipinya. Gua tanya si mbak kenapa, jawabnya gampang banget: gak tau. Bertanduk gak seeeeh???

– Minggu kemaren waktu Felice bangun tidur siang, gua bangunin mbaknya juga supaya temenin Felice karna gua ada kerjaan di dalem kamar. Abis gedor2 *pastinya dong!*, begitu dia buka pintu, gua langsung masuk kamar lagi. Gak sampe 10 menit kemudian, gua keluar kamar lagi. Gak ada sapa2 di luar. Gua bingung dong anak gua kemana. Gua panggil2 si mbak, taunya dia di kamar. Pas gua suruh keluar, gua tungguin rada lama di depan pintu kamarnya. Ternyata, abis dia buka pintu kamarnya dan gua masuk kamar gua lagi, dia ajak Felice masuk ke kamarnya dan dia tidur lagi. Kurang ajar banget kan??? Gua tau dia tidur lagi karna pas gua suruh dia keluar lama banget dan pas keluar kamar tampangnya kusut banget. Keliatan kalo baru bangun.

– Minta pulkam dari tanggal 25 sept sampe 13 oct. Ajegile kan? Kerja baru 2 bulan minta libur lama begitu. Gak banget deh.

– Bikin gua jadi orang jahat karna gua jadi sering ngomel2. Kalo dia kerja beres sih gua gak bakalan ngomelin dia. Ngomel kan bikin susah hati juga sebenernya. Lah ini kelakuannya bikin gua ngomel mulu. Udah kayak macan mau makan kelinci. Untung gua tinggal di apartemen yang lumayan kedap suara dindingnya. Jadi kejadian di dalem masing2 unit gak kedengeran ke sebelah. Kalo kedengeran tetangga mah pasti dikira gua ini nyonya rumah yang jahat nan sadis deh. Padahal gua kan orangnya baikhatilemahlembutsukamenolonggemarmenabung :p

Hal-hal kayak gini nih yang bikin gua parno ninggalin anak gua. Lah ini ada gua di depan mata kepalanya aja dia bisa begitu. Apalagi kalo gua gak ada coba? Gua gak pikir panjang2 lagi deh. Gua terminate aja. Alesan utama gua akhirnya memutuskan pake pembantu nginep adalah supaya ada yang jagain Felice kalo di saat gua lagi gak sempet. Kalo buat bersih2 rumah mah gua bisa pake pembantu harian. Lah kalo yang jagain Felice kayak begini gimana coba? Kamsiah dah.

4 thoughts on “Bye Bye, Pembantu

  1. Parah juga tuh pembokat loe, seinget gw aja pembokat dirumah gw dulu ga pernah tidur siang paling dia baring2 aja dan sore juga dah ngerti tugas, kita juga lebih enak kan ga usah nyuruh2 sampe marah2 apalagi pake digedor2..ck..ck..ck..
    Ati2 tuh kl jagain Felice ga bener bisa2 sih Felice babak belur badannya 😦

  2. haduh haduh jengg… g kira pembantu elo udah lumayan ya.. ternyata parah juga. Masi mendingan pembantu gua si meskipun cengeng banget orangnya. seenggak2nya telaten kalo jagain Marv dan gak macem2 orangnya… Cuma boo… kalo pinjem duit gak tanggung2… dia pinjem duit ke kita 2,8jt loh… mo gak dikasi gimana.. mo dikasi ya gimana… yah berdoa aja deh moga2 aja dia bener kerjanya.. tapi selama ini orangnya perhatian banget kalo sama marv (sampe guajadi cemburu sendiri nih..) trus kalo ajak mainan marv tu telaten banget… dan jagainnya bener2 gak sampe kaya si tia itu sampe felicenya biru2 dan kebaret./.. duh ampun deh ya masalh pembantu nih… pusing…

  3. @felicia:
    iya neh… padahal maksud gua berbaik hati supaya dia bisa istirahat cukup tapi ternyata disalahgunakan. Trus gua jg gak tenang ninggalin Felice ke dia jadinya, gua takut kenapa2. Jasi gua tetep harus stand bye terus nih.

    @arman:
    iya nih, man. gua pikri karna umurnya yang baru 15 thaun. tp kalo emang niat kerja, umur brapapun harusnya gak masalah dong yah… udah cape ati banget deh gua.

    @ariany:
    gua pikir awalnya karna dia masih baru dan canggung. tp lama2 malah keenakan dia. masa pernah loh jam 9 pagi dia nonton tivi padahal belon kelar kerjaannya. gimana guagak bertanduk coba???
    iya nih… pening gua kalo ngurusin pembantu. dan entah guanya terlalu cerewet ato belon beruntung, sampe saat ini gua belon pernah dapet pembantu nginep yang lumayan oke loh. hiks….

Leave a Reply

