chocolate mud cupcake

udah punya peralatan perang, langsung perang dongs hehehe…

coba bikin chocolate mud cupcake setelah urusan felice kelar. waktu felice udah siap2 bobo di dalam boxnya, mamana ngabur ke dapur deh hehehe…
waktu lagi panasin ovennya, keluar asap. tambah lama tambah banyak. huaahhh… panic mode on :p. langsung panggil hubby. selain takut ama asapnya, gua juga takut asapnya memicu smoke detector bekerja. kebayang dong kalo smoke setector on? bisa banjir dan batallah perjuangan gua di medan peperangan hihihi…

ternyata oh ternyata… apinya kegedean bow hahaha… maklum deh ini pertama kali manggang kue pake oven hihihi… setelah apiya dikecilin, asapnya udah gak banyak lagi.
hasilnya: hmmm…uenaks tenan!!! ngembang dengan suksesnya hihihi… gak terlalu manis karna frostingnya bakalan manis, padat, dan nyoklat bangeds dah… tapi… kelamaan manggangnya kayaknya jadi permukaannya ada yg mau meletus hehehe… tapi not badlah buat pemula hihihi…

ini dia resepnya:

Chocolate Mud Cupcake
Sedap ed. 9/VIII/2007

Bahan:
120ml air
30gr coklat bubuk (pake van houten)
150gr dark cooking chocolate (pake colatta)
125gr unsalted butter (pake mentega putih australia, gak tau sama ato gak ama unsalted butter. hajar,bleh… :p)
1/2 sdt garam
100gr gula halus
4 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
125gr terigu (pake kunci biru)

Caranya:
1. kocok putih telur dan garam sampai setengah ngembang kemudian masukkan sebagian gula halus sedikit2 sambil dimixer sampai mengembang. (pake standing mixer, kalo gak punya step by step aja yah)
2. sementara itu, panaskan air dan coklat bubuk, aduk sampai rata. lalu masukkan DCC, aduk sampai rata. kemudian masukkan butter dan sisa gula, aduk sampai butter larut. angkat dari atas api. tambahkan kuning telur, kocok sampai rata.
3. tuang sedikit-sedikit ke terigu sambil diaduk sampai rata.
4. tuang campuran putih telur sedikit2 sampai rata.
5. tuang ke dalam cupcake (pake sendok, setengah cup aja, kalo kebanyak kayak punya gua deh, mau meletus hehehe…)
6. oven 25 menit. tes dengan tusuk gigi, tusuk ke kue. kalo pada saat diangkat tusuk gigi bersih tanpa ada remahan kue, berarti sudah matang.
7. kasih frosting sesuai selera. gua pake Billy’s Chocolate Buttercream dari website Martha Stewart.

Billy’s Chocolate Buttercream
Bahan:
4 stick (1stick = 110gr) unsalted butter, room temp. (pake mentega putih, maklum cuman ada itu stoknya hehehe :p)
12 ons semisweet chocolate, dilelehkan dan didinginkan (karna males lelehin coklatnya, pake chocolate dips yang udah mau habis, takarannya gak jelas hehehe…)
3 sdm susu (pake ultra coklat)
1.5 sdt vanilla extract (kelupaan :p)
5 cups gula halus

Caranya:
1. mixer butter sampe creamy kurang lebih 2-3 menit.
2. mixer pada low speed, masukkan chocolate. mixer sampai rata
3. masukkan susu, vanilla, dan gula sambil mixer dengan medium speed sampai rata.
4. siap dipakai 🙂

karna gak pake DCC, hasil buttercreamnya jelek. kasar banget dan gak nyatu. yah namanya juga belajar yah hehehe…

tapiii biarpun keliatan jelek, gua tetep happy berats deh karna menurut gua percobaan kali ini sukses. horeeee..

ini dia penampakannya


Advertisements

2 thoughts on “chocolate mud cupcake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s