hepatitis B ke-3

semalem felice imunisasi hepatitis B yang ke-3. jadwalnya sih tgl 4 agt, tapi berhubung waktu itu felice batuk, diundur minggu depannya. eh… sabtu kemaren kan libur tuh, dokternya pun ikut libur. ya sud, rencananya sabtu depannya lagi tgl 18 agt. akhirnya dimajuin jadi semalem gara-gara mamana parno ama litterer-siwe disease.

kok bisa parno sih?

udah 2 minggu lebih muncul bintil-bintil kayak keringet dingin di leher felice. gua kasih bepanthen, bedak cair, kok yah gak ilang juga. ya sutralah, emang cuaca lagi panas dan felice emang gak bisa diem jadi keringetan mulu. para bintil-bintil itu makin demen deh ama felice. abis leher, belakang kuping. jadi bintil-bintil itu menyambung dari belakang kuping kiri, leher, dan belakang kuping kanan. gua kasih bepanthen lagi tp cuman 1-2 hari gitu. gak ilang juga. ya sud deh, gua pikir emang karna cuaca panas ya bo… trus gua perhatiin kok jadi ada di perut dan pundak juga yah. bukannya tambah dikit malah tambah banyak. mulai curiga nih gua.
awalnya gua pikir karna susunya. gua kan mau ganti susu felice ama nutrilon soya atas anjuran dokter secara si eneng ini berbakat alergi. mulai di campur deh ama royal karna masih ada royal 2 kaleng 800gr. nah, kok sejak minum soya muncul si bintil-bintil. akhirnya sejak hari minggu tgl 11 agt, gua stop soya-nya.
setelah stop soya, kok masih ada tuh bintil2nya.
ya udahlah, nanti tgl 18 agt imunisasi sekalian di tanyain.

tgl 14 agt malem gua baca-baca milis M&B. ada yg posting ini:

[Info] Penyakit ” Letterer Siwe”

Posted by: “Rr. Purnamasari Dewi”

Mon Aug 13, 2007 1:52 am (PST)

Just info, ada penyakit baru di Indonesia

Salam,

:-)85

Dear all….

gw mau ngasih tau aja/ share aja.. Hari minggu tanggal 11 feb 2007 jam 12.20 ponakan gw (anak abang gw) meninggal dunia karena sakit “Letterer Siwe”.. mungkin ada yang pernah denger atau malah blom pernah tau sama sekali karena penyakit ini termasuk langka.1 : 200.000 anak yang kena ..
ati2 aja buat yang dah punya baby..

penyakit ponakan gw (namanya Mikayla Aishiah, panggilannya Kayla) berawal waktu dia usia 2 bln.. kepalanya tiba2 aja ada keraknya (kayak anak bayi baru lahir ada keraknya gitu).. trus di alis kana-kiri juga penuh dengan kayak gitu. Dibawa kedokter anak dan DSAnya bilang kalo ini gak papa. trus dikasih salep.. kira2 gak berapa lama dari situ lehernya kayla penuh dengan bintik2 merah kayak anak kena biang keringat. Trus dibawa kedokter kulit dan DSKnya bilang juga gak papa. sampe pada saat lebaran idul fitri tahun 2006 kemaren, kayla mukanya gemuk bengkak gitu, dan merah2 dileher makin banyak, lembek dan melebar sampe ke perut dan punggung. Lagi2 kita ber pikir itu karena biang keringat. Akhirnya kita ambil keputusan untuk dateng ke dokter alergi, takutnya dia kena alergi apa gitu… pada saat dibawa kedokter alergi, si doketr kaget dan dia bilang kalo kayla keliatan pucet. Pas dicek ternyata HB-nya cuma 3 (org normal aja min 10) dan trombositnya cuma 27.000 (org normal aja sekitar 150.000).. langsung di hermina jatinegara dirawat diruang icu..

setelah dicek semuanya, kayla divonis kena letterer siwe. Ini kasus ke- 3 dijakarta dan kayla pasien paling muda. Penyakit ini bukan penyakit menular atau keturunan, tp ada beberapa faktor menyebab al. udara,
radiasi dan makanan. Gw sama adek gw coba browshing di internet dan ternyata memang kemungkinan anak ini hidup cuma 20%. Setelah dibawa ke RSCM dan ditranfusi darah, semua pembuluh darah pecah.. seluruh badannya ngeluarin darah, lobang hidung, kuping, (sorry) dubur pun juga. dan masa kritis itu berlangsung sampe kurang lebih 2 minggu. dan setelah itu kondisinya membaik. Si bram aja ampe gw rampok darahnya.. karena waktu itu abis lebaran, jadi susah cari darah… thanks yach om Bram,…..

Setelah melalui perawatan medis selama ampir 1 bln di RSCM (karena dirujuk kesana, disana ada tim yang khusus menangani kasus ini) dan menjalani kemoterapi, alhamdulillah kondisinya membaik. Sampe pada
titiknya yaitu 10 hari yang lalu, dia tiba2 nge-drop. Yang biasanya nge-dropnya cuma HB aja, ini juga plus trombosit, trombositnya ikutan ngedrop. Karena Ind juga lg ada wabah DBD, jadi trombositnya rebutan.
Alhasil badannya jadi kuning banget.. karena trombisitnya cuma 7000…

Saking langkanya darah dan trombosit, si kayla ampe sempet alergi darah (dapet darah seadanya).. jadi suhu badannya dari 35 drj (dingin gitu badannya) dan dalam waktu 10 menit kemudian badannya langsung panas tinggi kekita 39-40 derajat. itu berlangsung 4 harian. Dan akhirnya pada hari minggu pagi dia tiba2 mimisan, muntah darah sempet gak sadar diri.
Gw ditelp sama kakak gw dari jam 10 an, tp kerena pembokat gw gak ada,
laki gw mo terbang ke medan , jadinya gw ribet2an dulu dirumah. Pas jam 11 gw ditelp lagi katanya dah gak sadar diri. Gw langsung kebut sana-kebut sini gak peduli orang mo nyumpahin gw apa yang penting gw ampe rumah sakit cepet, karena gw bawa nyokap gw. begitu gw sampe gak berapa lama, kayla pergi untuk selamanya…

guys.. gw cuma sharring aja, moga manfaat.. kalo anak lo, ponakan lo, sodara lo yang pada masih baby kena gejala kayak kayla coba periksanya langsung ke ahli darah aja.. mungkin bisa lebih terditeksi lebih dini.

Thanks atas simpatinya.. . thanks buat bram yang dah nyumbangin darah buat kayla..

Regards,

——————————————————————————————————————–

huaaa… mamana jadi parno deh.
soalnya bintil2 itu emang tambah banyak di kulit felice. jadilah, tgl 15 agt malem kita ke dokter. kontrol sekalian imunisasi.

pas masuk ke ruangan dokter langsung deh bilang tentang si bintil-bintil. trus gua bilang kekuatiran gua akan penyakit litterer-siwe tst. dokter langsung bilang: bukan, kalo penyakit itu gak kayak begini.
waaahhh… lega deh…
trus felice di timbang, 8,3kg sekarang. panjangnya 65cm. semua ok, gak ada masalah.
soal bintil-bintil, felice gak kuat panas, jadi jangan pake baju tebel-tebel, gak usah pake minyak telon dll. untuk pengobatan pake bepanthen aja dan boleh dikasih bedak cair. so, gak dikasih resep deh ama dokternya.

litterer-siwe itu nyeremin banget yah. gejalanya umum banget buat bayi. trus gua browsing deh, cari info tentang penyakit itu.
menurut principles of pediatric dermatology chapter 42:

LITTERER-SIWE DISEASE

This disease appears early in infancy in the first months of life.

Clinical Features

Skin manifestations

The skin manifestations are brown, scaly papules on the seborrheic areas on the scalp, behind the ears, naso-labial folds and mid chest.

Systemic manifestations include purpura, systemic histiocytosis and malignancy.

Most infants die in the first two years from infections mainly due to pneumonia.

Treatment

Treatment is not always curative.

Antibiotics for pulmonary infections.

Corticosteroids.

Cytosine and blood transfusion can be tried.

Jadi ortu jaman sekarang harus lebih waspada yah. SO… waspadalah… waspadalah!!!


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s