baby’s language

hari minggu gua n hubby nonton oprah. pas banget, salah satu guest starnya adalah Priscilla Dunstan.
sapa tuuuhh???
mbak dunstan ini punya special gift. dia berhasil memecahkan bahasa bayi yg bersifat universal. dari hasil penelitiannya terhadap 1,000 bayi di seluruh dunia, bayi yg berusia 0-3 months punya bahasa yg sama even berbeda ras dan bangsa. ada 5 kata yg diucapkan oleh para bayi ini, yaitu:

  • neh = laper
  • owh = ngantuk
  • heh = tidak nyaman
  • eair = mau buang gas/pup
  • eh = mau sendawa

kalo gak di respon maka para bayi pun akan berhenti menggunakannya. mbak dunstan nyaranin utk listen si baby sebelum si baby nangis, karna kalo belum direspon, rengekan ini akan berubah menjadi tangis histeris. oprah juga nayangin video dimana si mbak dunstan ini bantu mommies yg ribet ngurusin baby-nya. di video itu terbukti setelah mbak dunstan kasih tau ibu apa yg dikatakan baby-nya, si baby berhenti nangis dan jadi tenang.

abis nonton gua realized kalo ternyata felice juga pake bahasa yg sama untuk berkomunikasi. teori si mbak dunstan ini bener. sejak felice lahir gua mulai belajar mendengarkan apa yg felice katakan. gua berusaha mengerti n mengartikan suara2 yg felice keluarkan, seperti anjurannya tante tracy hogg: listen to your baby.
gua ngenalin suara felice kalo:

  • lagi laper: neeehhh… kadang kedengerannya seperti ngeeehhh…. kalo gak didengerin ato mamana lama bikin susunya, neh/ngeh-nya ditambah dengan tangisan n jeritan hehehe….
  • lagi ngantuk: ooohhh… sambil nguap. kalo susah bobo, oohh-nya dibarengin rengekan, kalo masih rewel ditambah bonus tangisan n jeritan. cara nenanginnya digendong ato dinyanyiin. sejak felice lahir koleksi lagu mamana tambah banyak, paling banyak sih tanpa lirik cuman nana-nini-lala-lili de el el 😀 sering2 deh nyanyiin ato ngobrol ama si baby karna baby happy n feel comfort kalo denger suara ibunya, suara yg paling dia kenal sejak masih dalem perut.
  • mau pup: gak bersuara, cuman muka mesem2 n bibirnya senyum sambil ngeden, bisa ngebayanginnya kan???… lucu deh pokoknya…
  • gak nyaman: rewel. ngerengek2 sambil blg: heeeeeeeeeehhhhhhh….. seperti kalo lg laper n ngantuk, heeeehhh ini bisa ditambah bonus tangisan n jeritan…
  • mau sendawa: ini nih yg gua gak ngerti. felice jarang sendawa soalnya. biar ditepok2 sambil ditaro di dada, ato didudukkin, lamaaaaa bgt baru keluar sendawa, kadang malah gak sendawa sama sekali, kadang juga sendawa sambil gumoh. jadi gua rasa karna mamana gak merespon kebutuhan felice yg satu ini, jadi felice gak pernah bilang lagi kalo mau sendawa. bilangnya pake gumoh, hehehe…. fyi, felice ini suka gumoh. sebenernya gua gak kuatir karna even gumoh tp felice tetep happy. abis gumoh bisa ketawa2, malah kadang ketawa sambil gumoh. yg gua baca dan dokternya pun blg gpp, normal karna seumur felice ini kan pencernaannya masihbelum sempurna dimana katup antara kerongkongan dan lambung belum berfungsi, jadi susu yg masuk ke lambung bisa keluar lagi. tp gua agak gak tahan ama orang2 disekeliling gua. si A bilang: kekenyangan tuh… si B bilang: waktu dikasih minum kurang tegak… si C bilang: kedinginan… ah.. lama2 pusing gua.

ok.. back to baby’s language. try to listen to your baby. not hear, but listen. emang take times sih, tp worth it kok. kita jadi tau kebutuhan baby kita.
buat maminya marv (hello bu….), satu tips lagi nih. semoga bermanfaat n gak bingung lg kalo sndirian di rumah hehehe….

untuk keterangan lebih lanjut, jalan2 aja ke oprah.com…

One thought on “baby’s language

  1. halo bu.. thx greetingnya.. 🙂 iya neh masi belajar.. btw… mulai ngerti felice dari dia umur berapa bln nih? gw si taunya marv kalo mo pup, trus juga kalo mo susu (nangisnyaaa…), and kalo lagi bete karena sakit perut oya… kalo nangis karena abis imunisasi ato kesakitan juga udah tau hahaha.. 😛 yahh.. still need some more exercises nih bu…. 😛

    eniwei… itu baby gy, marv punya juga… udah bole dipake yah… ah mau gw assemble duludeehh… kacian si marv ga punya mainan… salam buat felice… lutunaa.. 😛

Leave a Reply

