Perpanjang Paspor One Day Service

Hah?
Perpanjang paspor cuma sehari?
Ciyus looo???

Bener, sodara-sodara. Bukan sulap, bukan sihir, tapi kenyataan.
Kita bertiga udah membuktikannya sendiri pada pertengahan Mei 2013 kemaren di Kanim Jakarta Pusat.

Gimana caranya siiih?

Gampaaangggg….

1. Daftar online di website imigrasi
Untuk perpanjang paspor sehari jadi ini khusus untuk Kanim Jakarta Pusat (Kemayoran) dan Jakarta Barat (Beos).
Daftar online disini nih.
Pilih tanggal dan jam kedatangan.
Setiap jam dibatasi 5 orang pendaftar online dan di mulai dari jam 8 pagi.
Gak perlu upload dokumen, cukup isi form yang ada secara lengkap sajah.
Dan jangan lupa persiapkan dokumen asli dan fotokopi-nya saat datang ke Kanim yah…

Dokumen yang diperlukan untuk perpanjang paspor adalah:
– paspor lama asli dan fotokopi
– KTP asli dan fotokopi
– kartu keluarga asli dan fotokopi
– akte lahir asli dan fotokopi

Dokumen yang diperlukan untuk perpanjang paspor anak:
– paspor anak lama asli dan fotokopi
– kartu keluarga dengan nama anak tercantum disitu asli dan fotokopi
– akte lahir asli dan fotokopi
– KTP kedua ortu asli dan difotokopi dalam lembar yang sama (fotokopi gandeng)
– paspor kedua ortu asli dan difotokopi dalam lembar yang sama (fotokopi gandeng)
– surat pernyataan ortu yang dapat diperoleh di koperasi dengan gratis. Ortu tanda tangan di atas materai, kalo gak bawa materai bisa beli di koperasi (kalo materai sih bayar lah yaaa)

Dannn… last but not least, jangan lupa, sekali lagi jangan lupa, bawa tanda pendaftaran online. Jadi abis daftar itu bisa langsung di print tanda pendaftarannya. Kalo gak mau langsung di print juga gapapa karna tanda terima-nya itu di kirim ke email kita masing2. Pokoknya yang penting di print dan dibawa yaahh….

2. Datang ke Kanim sesuai dengan jadwal
Kita pilih jadwal jam 8 pagi.
Jam 7.40 kita bertiga sudah sampe sana dan langsung mangap liat antriannya. Tapiii, ternyata kalo daftar online mah tenaang…. Pasti dapet  nomer antrian. Antriannya pun beda antara yang walk-in dan daftar online. Bilang aja ke pak satpam yang mejeng di samping pintu kalo kita daftar online.
Setelah dapet nomor antrian, silakan ke koperasi untuk minta map kuning, surat pernyataan ortu dan beli materai kalo perpanjang paspor anak, atau kalo ada yang lupa di fotokopi silakan fotokopi di koperasi juga.
Koperasi adanya di bagian belakang Kanim. Kalo nyasar, tanya satpam aja. Satpam dan petugasnya ramah2 kok.

Setelah dapet map kuning, masukkan dokumen2 fotokopi ke dalam map, lalu antri untuk verifikasi dokumen. Kalo ada yg kurang nanti dikasih dikasih tau sama petugasnya.
Lalu duduk manis aja sampe nomor antrian kita dipanggil untuk penyerahan berkas.
Setelah penyerahan berkas2, silakan naek ke lt. 2 untuk antri bayar.
Bayarnya berapa siihh? Cukup 255ribu sajah, sodara-sodara.
Setelah bayar, duduk manis dan antri lagi untuk wawancara dan foto.
Setelah wawancara dan foto, acara bebas deh. Mau nunggu silakan, mau jalan2 silakan, mau pulang dulu juga silakan.

Jam 8 pagi dimulai antri penyerahan dokumen, jam 9 kita bertiga udah selesai diwawancara dan foto. Cepet kaannn???

Paspor baru bisa diambil mulai jam 15.00.

Pertama kalinya kita urus paspor sendiri. Jujur aja, biasanya urusan beginian kita gak mau repot n bayar orang aja deh. Tapiiii, kalo ngurus surat2 semudah ini, ngapain bayar orang kan? Ya kan? Kan?
Terima kasih untuk pihak imigrasi yang sudah rela berbenah diri sehingga pengurusan paspor menjadi jauuuuhhh lebih mudah.

Selamat perpanjang paspor sendiri yaahhh….

About these ads

74 thoughts on “Perpanjang Paspor One Day Service

  1. nahhh.. kalo gampang kaya gitu kan pastinya ga ada yg mau pake calo lagi yahh..
    semoga kedepannya terus lebih baik dah…

  2. wah enak ya, catat neh…buat perpanjangan berikutnya lagi.

    eh si Ko Atek jadi gak laku dong yah wakakaka…
    tapi langganan dia masih banyak sih, kemarin aja temen laki gua suruh dia bikin juga

  3. wow asik yah.. jadi cuma cuti sehari beres donk ya.. dulu waktu gua urus blom ada one day jadinya bolak balik deh.
    ini berlaku untuk perpanjang atau bikin baru juga bisa ver?

    • iya, vi.. sehari doang cutinya.
      ini khusus untuk perpanjang di jakbar dan jakpus.
      kalo bikin baru prosesnya masih 3x datang dan dilayani di kanim selain jakbar dan jakpus

  4. Mohon infonya, kalau perpanjangan paspor apakah paspor yang lama dikembalikan lagi kepada kita atau diambil sama pihak imigrasinya? Terima kasih sebelumnya.

    • tidak dikembalikan tapi bisa diambil lagi. nanti di loket pengambilan paspor bisa minta surat permohonan pengambilan paspor lama yg harus di tandatangani di atas materai 6rb perak.

  5. Dear Mamana Felice, mau nanya dong.. untuk perpanjang di Jakpus/Jakbar, perlu dokumen domisili kah? misal dari lurah atau camat? *dulu sewaktu aku perpanjang buat aku sendiri disuruh kasih bukti domisili.. sekarang rencananya mau perpanjang buat ortu.. tapi lihat diatas kayanya ga perlu ya? :) Makasih sebelumnya..

  6. Pingback: Perpanjangan Paspor | +@n+!'s bLog

  7. mba, postingnya sangat informatif. thanks!
    kebetulan saya juga harus perpanjang passport. saya sudah daftar dan bikin jadwal untuk kamis ini.

    mau tanya… di link yg mba kasih di atas, emang ga ada step untuk upload dokumen pendukung ya? soalnya saya baca di postingan orang lain, mereka ada upload2 dokumen. Saya udah coba cek ulang, tapi ga ketemu step itu. tolong info-nya ya… thanks again! :)

      • Mamana Felice, saya sudah melakukan permohonan via online dan sudah melakukan pembayaran di bank BNI, untuk konfirmasi dan melanjutkan permohonan tersebut harus masukin nomor bukti pembayaran bank.
        Yang dimaksud itu nomor referensi SPRI apa nomor Narasi ?

        • untuk pembayaran di bni saya kurang tau, mbak karena waktu saya apply paspor itu pembayarannya masih cash di loket kasir kanim.

  8. kantor imigrasi jakarta pusat & jakarta barat alamat lengkap nya di mana ? saya ada di jakarta barat sebaiknya saya ke kanim jakarta pusat atau jakarta barat ?

    • Sepertinya sih tidak bisa yah karna paspor yg sudah expired akan dianggap bikin baru. Prosedur ini hanya untuk perpanjangan saja

  9. Sis, info nya berguna bgt ni :) ak lg bingung ini daftar online nya kok agak susah ya? padahal aku ud isi sesuai semua.. tapi muncul notification kay\tanya, passpor lama ku tidak bs divalidikasi..

  10. aku masuk di pendaftaran perpanjangan pasport dari link yang di share tapi setiap lanjut selalu gagal dgn berita ” Mohon maaf anda tidak bisa melanjutkan proses dikarenakan proses validasi paspor lama anda gagal” padahal sudah mengisi kolom dgn benar apa yg hrs di isi… salahnya dimana ya? bisa ada yang bantu???? thankyou (erni_karmila@yahoo.com)

  11. aku coba daftar online tapi kok katanya email sudah digunakan yah? padahal aku belum pakai email itu dan ampe aku ganti2 email yang lain tapi masih tetap dibilang email sudah digunakan.

  12. koq beda yah sama yg terjadi sama saya..? waktu itu saya juga perpanjang online di kanim jaktim, hasilnya weleh weleh.. mendingan ga online deh. Sengaja dateng pagi, ternyata khusus online baru dibuka jam 11 siang, belom jam 11 ternyata tiba2 dimulai antriannya, alhasil saya yg dtg pagi malah antri belakang. Udah gitu nunggu bayar sama foto, selesai itu semua pas liat jam udah jam 5 sore, dan paspor baru bisa diambil seminggu kemudian *tepokjidat*

  13. Thanks sharingnya ya…..utk pengambilan pasport jam 15.00, apakah boleh diwakilkan orang lain?
    Apa ya keuntungan e-passport? Knp harganya beda jauh banget….thanks again

    • Boleh diwakilkan asal bawa tanda buktinya aja. Untuk lebih lengkap silakan tanya ke pihak yang berwenang yah. Saya cuma sharing pengalaman saja :D

  14. Mau tanya nih klu kita perpanjang paspor tp paspor yg lama beda tempat buatnya di riau sy skrg di jkt timur apa bs memperpanjang di jkt barat ato jkt pusat?tq

  15. Halo Mamana Felice,
    Saya mau tanya nih, kalo misalnya saya mau daftar bwt 1 kluarga (suami, 2 anak, saya sendiri) di imigrasi.go.id nya harus masukin datanya satu persatu ya? misalnya sehabis saya isi data saya dan konfirm trus baru isi data suami saya gitu ya?

  16. Saya juga mau share..

    Seminggu yang lalu saya melakukan perpanjangan paspor online di kanim jakbar. dan langsung berhasil dapet barcode untuk datang senin. tapi hari pertama KTP asli saya ketinggal di tukang foto copy *hadeh*, akhirnya saya pulang dan melakukan pendaftaran ulang dimana saya menggunakan email lama saya ternyata tidak berhasil2. sampai saya menggunakan email baru, dan berhasil melakukan pendaftaran untuk lusa. akhirnya pagi2 saya melakukan validasi dokumen tapi begitu mau wawancara systemnya offline. alhasil nganggur dari pagi sampai jam 11.30. dan system berjalan kembali. semua pada berebutan ambil nomor antrian untuk wawancara sudah tidak peduli online atau tidak semua sama kata satpamnya.setelah beres melakukan pembayaran dan wawancara. saya mau mengambil paspor dan dibilang untuk besok ngambilnya. saya putuskan untuk mengambil minggu depannya karena belum ada waktu lagi. akhirnya saya ambil paspor dan ternyata antri lagi, ada 2 antrian loket yaitu one day service dan ambil paspor. saya mengantri yang mengambil paspor karena mengingat saya sudah seminggu. sudah lama mengantri eh sampai depan disuruh antri ke tempat one day service, dimana gak ada pemberitahuan sama sekali untuk membedakan antrian yang mana. sepanjang saya mengantri ada 6-8 orang juga diusir untuk pindah antrian dan marah2 karena antrian tersebut cukup panjang dan lama. akhirnya setelah mengantri akhirnya keluar juga paspor baru saya.. sampai perjalanan menuju pulang, saya baru teringat kok paspor lama saya tidak dikembalikan, padahal ada visa amerika yang expired masih setahun lagi. yang jadi pertanyaan saya kenapa kok petugasnya tidak langsung mengembalikan paspor lama saya ? dan jika saya mau mengambil paspor lama saya biasa mesti butuh apa ya ? karena takut kejadian bolak balik ke tempat yang macetnya luar biasa. terima kasih.

    • Waahh, ribet banget yaahhh…
      Untuk ambil paspor lama ada form yang harus diisi dan ditandatangan di atas materai.
      Kebetulan, waktu saya ambil paspor baru, petugasnya tanya mau ambil yang lama gak dan dikasih form-nya.
      Formulirnya diberikan oleh petugas yg membagikan paspor baru.
      Semoga membantu yah

  17. Thanks atas sharingnya. Numpang tanya, apakah setelah validasi dokumen, kita perlu mengambil lagi nomor antri buat pembayaran dan wawancara? Oh ya, sebagai info tambahan saya sudah daftar online. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

      • Hi, Bu. Bulan November lalu saya sudah perpanjang paspor di Kanim Jakbar. Ternyata yang daftar online atau tidak tetap harus isi Formulir Permohonan Perpanjangan Paspor. Sesampai di sana saya tidak melakukan aktifasi permohonan di mesin pengambilan nomor antrian, alhasil setelah validasi dokumen saya baru tahu ternyata sudah ‘time out’ buat aktifasi. Akhirnya saya mengikuti nomor antrian yang tidak daftar online. Maklum saya agak bingung, karena waktu saya tiba dan bertanya ke pak satpam tentang apa yang pertama harus saya lakukan sebagai pemohon yang sudah daftar online, sayanya disuruh duduk manis dan tunggu. Orang pada berdiri antri, saya masih duduk manis sesuai dengan anjuran pak satpam, kiraian yang daftar online akan dipanggil secara otomatis. Untung saya tidak terlena, segera antri juga dan mengisi formulir permohonan perpanjangan paspor sampai berdiri dan syukur deh tidak sampai dua jam selesai dan besoknya bisa diambil. Secara keseluruhan, sangat memuaskan pelayanan Kanim Jakbar. Terima kasih, Bu.

  18. trima kasih sharenya, barusan saya coba link tsb dan untuk paspor saya sudah expired hampir 1.5 tahun masih bisa diproses melalui pendaftaran tersebut dan besok jam 9 pagi ke kanim jakbar/beos untuk proses selanjutnya…semoga prosesnya lancar dan sore nya jadi…..

  19. Untuk perpanjang passpor anak yang baru usia 17 th apakah harus disertakan ktp? karena ktp nya masih diproses. apakah boleh dengan akte lahir dan KK?

  20. Pingback: Perpanjang Paspor One Day Service | Babyclo

  21. Jngn trkecoh sm slogan “One day service” maksudnya One day service it, proses buatnya emng sehari, TAPI pengmbilan paspornya besoknya enggk hr it juga kalo besok nya hr libur brrti lusanya, yang bs d ambil hr itu jg cuma yg buat via biro jasa kl pemohon perorangan besok nya br bs d ambil, ane malah smpe 3 hr br bs d ambl krna kpotong libur tgl merah, jadi yg d utamain yg via biro jasa dl karna lumayan shared profit nya katanya kakak ipar ane bgtu, ane bs ngomong bgini krna udh 2x ngalamin prpanjng d jakbar trs kakak ipar ane jg pegawai d situ slh satu staff kanim, dia bnyk cerita k ane kondisi pegawai2 dsitu, tp di banding imigrasi lain yg blm ada One day servicenya bagus lah imigrasi jakbar ini, cm ya tetep biro jasa dan calo di tempat lbh di istimewakan ktimbng pemohon perorangan. So far..better lah 2-3 hr bs jd paspor nya drpd 10 hr kan kyk imigrasi lain..
    NB :
    daftar online jg gak ada bedanya sm yg dftr d tempat, yg duluan diri d depan antrian loket itu yg dilayani duluan, trs mesin scan barcode nya jg rusak jd gak ada gunanya jg dftar online, kakak ipar ane blg sampai skrg itu mesn scan barcodenya msh rusak, jd dtng aj plng pagi biar dpt antrian plng depan.

    • Wah, anda kurang beruntung yah hehehe…

      Postingan ini adalah pengalaman saya sendiri dan saya beruntung bisa menikmati layanan one day service untuk perpanjang paspor saya, suami, dan anak saya. Saya datang jam 7.40 sampe kanim jakpus dan selesai jam 9 pagi. Lalu kembali lagi jam 15.30 untuk ambil paspor yang baru. Dan saya tidak menggunakan jasa pihak ketiga.

      Semoga lain kali lebih beruntung yah

  22. mau tanya donk. kok sy ud coba berkali2 tetep aja ya diminta uplod dokumen. klo kita gk uplod gk bs lanjut dan masalahnya saya ud coba foto berkali2 dan uplod selaalu tidak bisa masuk dgn alasan ukuran tdk sesuai atau kualitas foto terlau jelek. jd stress deh mending biasaa ajaa kaali sekalian. minta saran donk musti bgm. thxu sarannya

    • Kalo masalah technical seperti itu saya kurang tau karna saya cuma sharing pengalaman saya waktu perpanjang paspor menggunakan one day service.
      Saya daftar melalui link yang saya share di postingan saya dan TIDAK diminta upload dokumen.
      Coba tanya langsung ke kanim-nya aja yah. Di website nya ada kok nomor telponnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s